Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Agus Aminuddin

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.108

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan pengawasan pengawas sekolah terhadap kinerja guru PAI dalam mewujudkan prestasi belajar PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di SD Se- Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan pengawasan pengawas sekolah berpengaruh positif secara signfikan terhadap kinerja guru PAI dalam mewujudkan prestasi belajar PAI. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAI. Pengawasan pengawas sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAI. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI. Pengawasan pengawas sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI. Kinerja guru PAI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI dan Kepemimpinan kepala sekolah dengan pengawasan pengawas sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dan prestasi belajar PAI dapat dilakukan dengan meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah dan pengawasan pengawas sekolah. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah; kinerja guru; pendidikan Agama Islam; pengawasan sekolah; prestasi belajar.

Published

2017-03-14

How to Cite

Aminuddin, A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 88–96. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.108

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA