Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan dan Pengembangan Peserta Didik

Penulis

  • Romlatul Wahidah
  • Abdul Aziz Universitas Islam Negeri Madura, Jawa Timur, Indonesia

Abstrak

Efektivitas manajemen pembiayaan pada satuan pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan program peningkatan dan pengembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan ruang lingkup strategis pembiayaan pendidikan sebagai pendorong utama dalam mendukung pertumbuhan peserta didik secara holistik. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi literatur, kajian ini mengeksplorasi bagaimana perencanaan keuangan, alokasi dana, dan mekanisme akuntabilitas yang dikelola secara optimal dapat mendorong peningkatan prestasi akademik, pengembangan bakat, dan pembentukan karakter peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa satuan pendidikan menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya keuangan, rendahnya kapasitas manajerial, serta kurangnya keterlibatan pemangku kepentingan. Namun demikian, manajemen pembiayaan yang strategis yang ditandai dengan transparansi, perencanaan partisipatif, dan penganggaran berbasis kinerja, dinilai efektif dalam menyelaraskan sumber daya finansial dengan pencapaian tujuan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik. Artikel ini memberikan wawasan dalam memperkuat tata kelola pembiayaan sebagai bagian integral dari manajemen mutu pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-06

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan Agama Islam