Strategi Guru PAI Dalam Memanfaatkan Teknologi Dan Media Pembelajaran Untuk Generasi

Penulis

  • Rina Setyaningsih Universitas Islam An Nur Lampung
  • Dedeh Istiqomah Universitas Islam An Nur Lampung
  • Heni Lestari Universitas Islam An Nur Lampung
  • Siti Dinda Handayani Universitas Islam An Nur Lampung
  • Nur Inayah Universitas Islam An Nur Lampung

Abstrak

Perkembangan teknologi digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Generasi Z sebagai peserta didik saat ini tumbuh dalam lingkungan digital yang serba cepat dan praktis, sehingga menuntut guru untuk mampu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran guna meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi generasi Z. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur dan analisis data dari berbagai sumber relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi guru PAI mencakup pemanfaatan platform digital seperti e-learning, media sosial, aplikasi pembelajaran interaktif, serta penggunaan multimedia dalam menyampaikan materi keagamaan. Penerapan strategi ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta pemahaman peserta didik terhadap materi PAI. Namun demikian, guru tetap perlu menyeimbangkan penggunaan teknologi dengan tujuan utama pendidikan Islam, yaitu pembentukan karakter dan akhlak mulia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran secara tepat dapat mendukung keberhasilan pembelajaran PAI yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-03

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan Agama Islam