Analisis Kualitas Butir Soal AKM Literasi dan Numerasi Fiqih dengan Model Rasch Berbasis Software Quest

Penulis

  • Dewi Setia Rahayu Department of Islamic Education, State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Himawan Putranta Department of Islamic Education, State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Abstrak

Evaluasi hasil belajar merupakan kegiatan penting untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan menilai kualitas butir soal mata pelajaran Fikih pada materi mawaris dengan menggunakan perangkat analisis berbasis perangkat lunak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek 30 siswi kelas XII IPA Unggulan Madrasah Aliyah NU Banat Kudus, Jawa Tengah. Instrumen penelitian berupa 10 butir soal yang dikumpulkan melalui formulir digital dan dianalisis menggunakan pendekatan Teori Respons Butir dengan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan butir soal memiliki kualitas baik dan layak digunakan. Analisis mendetail memperlihatkan sembilan butir soal sesuai dengan model, sementara satu butir soal tidak sesuai. Tingkat reliabilitas item mencapai kategori tinggi, sedangkan reliabilitas responden berada pada kategori rendah. Temuan ini menegaskan pentingnya evaluasi instrumen untuk mendukung kualitas pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-27

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan Agama Islam