Integrasi Asertivitas, Humanisme, dan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam untuk Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v4i1.42259Abstrak
Pendidikan karakter anak usia dini berperan penting dalam membentuk individu yang berintegritas dan memiliki keseimbangan sosial. Perilaku asertif, nilai humanisme, dan kearifan lokal merupakan tiga aspek utama dalam membangun karakter anak dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan ketiga aspek tersebut serta bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan mendukung perkembangan sosial, emosional, dan identitas budaya anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data diperoleh dari berbagai sumber akademik dan dianalisis melalui identifikasi konsep, evaluasi keterkaitan antar faktor, serta strategi implementasi dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif meningkatkan kepercayaan diri, nilai humanisme memperkuat empati dan stabilitas emosional, sedangkan kearifan lokal memperkokoh identitas budaya anak. Metode interaktif lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode pengukuran kuantitatif dan perluasan cakupan studi.