https://qatestingonlinetraining.com/ https://baseballglory.com/ slot thailand https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/foxv/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/dev/system/web/ https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/pasarbaris/ https://setda.malukuprov.go.id/wp-content/plugins/web/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/sistem/ https://pasarbaris.stpkat.ac.id/ https://greenlifedesigns.org/ https://heylink.me/olx234/ http://setuwetan.desa.cirebonkab.go.id/ https://sip.bundamulia.ac.id/qr/ https://inbistekuis.com/ https://bencana-kesehatan.net/ https://sip.bundamulia.ac.id/e_receipt/
Implementasi Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | surachman | Jurnal Pendidikan Agama Islam

Implementasi Moderasi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

yuni tri lestari surachman, Fiqra Muhamad Nazib

Sari


Indonesia merupakan Negara kesatuan dengan banyaknya keberagaman, baik suku, ras, budaya bahkan agama. Moderasi beragama menjadi perbincangan hangat dengan adanya pro kontra di masyarakat. Di Kabupaten Garut sendiri moderasi beragama sudah sering digaungkan dengan tujuan terjalinnya kerukunan di masyarakat yang harmonis dan toleran. Selain itu di Kabupaten Garut sendiri moderasi Beragama sudah mulai diterapkan di kalangan siswa melalui pembelajaran di kelas, khususnya pelajaran agama. Dan pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu jalan untuk membentuk karakter yang moderat. Latar belakang penelitian ini adalah implementasi moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi sikap moderasi beragama khususnya di SMA Negeri 1 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Garut sudah berjalan dengan baik. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Garut yang menyatakan bahwa SMA Negeri 1 Garut merupakan sekolah percontohan anti kekerasan, yang mana merupakan salah satu dimensi dari moderasi beragama. Begitu pula dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dibuktikan dengan adanya RPP yang berkaitan dengan moderasi beragama, seperti materi di kelas XI yaitu materi Musyawarah Untuk Mufakat, materi Demokrasi, Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa. Lalu di kelas XII adapula materi mengenai Persatuan dan Kerukunan. Juga adanya kegiatan keagamaan seperti pelaksanaan PHBI di lingkungan SMA Negeri 1 Garut.

Kata Kunci


Moderasi Beragama; Pendidikan Agama Islam; Toleransi

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v3i2.3952

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template:

cukongbet