Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

salma karomah, Nenden Munawaroh, Ane Haerani

Abstrak


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kajian Pustaka atau Literature Review yaitu suatu penelusuran atau studi kepustakaan dengan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lain. Berdasarkan hasil analisis dalam pembahasan artikel ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dalam proses pembelajaran sangat mendukung pendidik dan peserta didik. Hal ini karena metode merupakan sistematisasi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dicapai. Dengan menggunakan metode pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar, karena dengan metode materi pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil Kajian Pustaka atau Literature Review dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat diaplikasikan pada proses belajar mengajar di kelas pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan yang disesuaikan dengan materi ajar yang akan diberikan kepada peserta didik. Oleh karena itu, penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan, hasil belajar, prestasi belajar sehingga peserta didik dapat mencapai keberhasilan belajar.

Kata kunci: metode, role playing, sejarah kebudayaan Islam


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i1.2896

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: