Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v2i1.2838Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah yang di alami oleh para peserta didik di kelas VIII MTs Al-Musaddadiyah Garut yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM khususnya pada Mata Pelajaran Fiqih. Maka dari itu di adakannya penelitian ini tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Al-Musaddadiyah Garut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif eksperimen. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan angket. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswayang signifikan dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol, dapat dilihat dari data hasil observasi guru yang presentasenya 80,00% dan siswa 84,15% yang terinterpretasi baik sekali dan dari hasil data pretest dan postest baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 67,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yairu 77,00. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw rata-rata pada kelas eksperimen meningkat yaitu 89,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah 80,00. Dari hasil pretest ke hasil posttest kelas eksperimen terdapat peningkatan sebanyak 33% dan posttest kelas kontrol hanya mengalami peningkatan 15%.Unduhan
Diterbitkan
2023-03-30
Terbitan
Bagian
Artikel