Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa

Penulis

  • intan nurbela Universitas Garut
  • nenden munawaroh Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2690

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa. Literatur review dilakukan pada 10 artikel yang dipublikasikan pada berbagai jurnal dari tahun 2014 sampai 2022. Proses melakukan kajian pustaka melibatkan empat langkah: mencari dan memilih artikel yang relevan, menilai dan mensintesis materi, dan merencanakan penulisan. Hasil analisis dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam sangat berpengaruh terhadap akhlak siswa. 2) Guru bukan hanya memberikan materi saja kepada peserta didik, akan tetapi juga memberikan keteladanan kepada peserta didik sebagai pembiasaan yang menciptakan suasana religius dan pembentukan akhlakul karimah sesuain dengan ajaran islam.


Referensi

Arip Febrianto., N. D. (2021). Membentuk Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0 dengan Peran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 107.

Azman, Z. (2018). Urgensi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa. Jurnal el-Ghiroh.

Dewi Wulan Sari, F. A. (2022). Tantangan Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlak Siswa pada Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Islam Muallimin Kepung Kediri. Journal of Education and Management Studies.

Dwi Harmita, D. N. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 117.

Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Jurnal Kajian Pendidikan Islam.

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim .

Mujiono, M. D. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatan Kualitas Akhlak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 293.

Mulyati, M. H. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru dan Orang Tua terhadap Sikap Kejujuran Siswa SMK Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Cendekia, 191.

Nisa, E. N. (2021). Pendidikan Karakter dan Keteladanan Guru dalam Kepribadian Siswa. Jurnal Qathruna, 23-24.

Zulfatmi, M. N. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Kurtilas. Jurnal Mudarrisuna, 699.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-30