Implementasi Strategi Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Pada Mata Pelajaran PAI Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v1i1.1666Abstrak
Wabah pandemi covid 19 telah merubah proses pembelajaran di sekolah termasuk dalam pembelajaran PAI. Guru PAI harus berusaha secara optimal agar proses pembelajarn PAI dapat terlaksana secara baik dan efektif sehingga kompetensi peserta didik pada mata pelajaran PAI dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi strategi pemnbelajaran luring pada mata pelajaran PAI di masa pandemi dengan lokus penelitian di SMPS Islam Terpadu Assalam Sukaregang Pasantren Kabupaten Garut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Dengan metode kualitatif deskriptif, peneliti dapat lebih komprehensif memahami dan mendiskripsikan tentang implementasi strategi pembelajaran luring pada mata pelajaran PAI di masa Pandemi. Data yang diperoleh melalui studi dokumentasi, observasi dan wawancara langsung kepada responden terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran luring pada mata pelajaran PAI di Masa pandemi di SMPS Islam Terpadu Assalam Sukaregang Pasantren Kabupaten Garut meliputi; 1) Tahapan pra pembelajaran luring, 2) Inti pembelajaran luring, 3) Pasca pembelajaran luring.
Referensi
Ali, M. D., Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2018.
Darmansah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Fatimah Dan Ratna Dewi Kartika Sari, Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa, Pena Literasi: Jurnal Pbsi Volume 1 No. 2 Bulan Oktober Tahun (2018).
Hasan Baharun, Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure, Jurnal Cendekia Vol. 14 No. 2, Juli - Desember (2016).
Hisny Fajrussalam, Koko Adya Winata, Ihin Solihin Dan Qiqi Yuliati Zaqiah, Inovasi
Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19, Eduteach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran Volume 1, No. 2 Edisi Juni (2020).
Ike Junita Triwardhani, Wulan Trigartanti, Indri Rachmawati Dan Raditya Pratama Putra, Strategi Guru Dalam Membangun Komunikasi Dengan Orang Tua Siswa Di Sekolah, Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, Juni (2020),
Kemendikbud, Model Silabus Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Smp, Ma, Smk Dan Mak, Jakarta: 2017
Kemendikbud, Panduan Pembelajaran Dengan Pola Belajar Dari Rumah (Bdr) Program Kemitraan Guru Dikmen, Jakarta, 2020.
Kholidah, Riris, Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1, Januari-Juli (2018).
Miftah, M., Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa, Jurnal Kwangsan Vol. 1 - Nomor 2, Desember (2013).
Nidhomuddin, Dian, Implementasi Etika Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam Pada Siswa Program Kelas Religi Studi Kasus Di Mtsn 2 Kota Kediri M., Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman Volume 8, Nomor 3, Desember (2018).
Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2012
Rizky Dezricha Fannie, Rohati, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas Xii Sma, Jurnal Sainmatika Vol 8 No 1 (2014).
Rusmin B, M, Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah Volume Vi, Nomor 1, Januari - Juni (2017).
Siti Khosiah Rochmah Dan Rika Sa’diyah, Strategi Pembelajaran Pai Pada Peserta Didik Tuna Grahita Sekolah Dasar Kelas Awal Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Pembina Tingkat I Cilandak Lebak- Bulus Jakarta Selatan, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 01, (2017).
Su’dadah, Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jurnal Kependidikan, Vol. Ii No. 2 November (2014).
Wahyudin Nur Nasution, Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur, Ittihad, Vol. I, No.2, Juli – Desember (2017).