Hubungan antara minat dan gaya belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas VII di SMPIT Assalam

Penulis

  • Fera Fernanda Afrilia Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Faruq Haroky Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Mona Anju Sansena Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42881

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dan gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPIT Assalam pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian korelasional. Studi ini melibatkan seluruh peserta didik di kelas VII SMPIT Assalam sebagai populasi penelitian. Sampel penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur gaya belajar dan minat belajar, serta tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan nilai t hitung 3,690 dan signifikansi 0,001; (2) Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik masing - masing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai t hitung berturut-turut 2.760, 3.697, dan 6.832 (lebih besar dari t tabel 2,056); serta (3) Minat belajar dan gaya belajar secara stimultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai F hitung 290,243. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta mendorong siswa peningkatan minat belajar mereka.

Kata kunci: Minat Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30