Pengembangan media LKS berbasis praktikm untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi ekosistem

Penulis

  • Ihza Amalia Fortuna Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Mona Anju Sansena Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42883

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis praktikum guna meningkatkan minat belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan media ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru mata pelajaran sebagai validator. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta angket minat belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa media LKS berbasis praktikum berada dalam kategori “sangat layak” dengan skor rata-rata validasi ahli sebesar 89%. Respon siswa terhadap media termasuk dalam kategori “sangat positif”, dan terdapat peningkatan skor minat belajar siswa setelah menggunakan LKS, dengan nilai gain score rata-rata sebesar 0,52 (kategori sedang). Kesimpulannya, media LKS berbasis praktikum yang dikembangkan layak digunakan dan efektif dalam menaikkan minat belajar siswa di materi ekosistem. Penggunaan LKS yang memuat kegiatan praktikum dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa di tingkat SMP.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-19