Immersive Science Learning: Flipbook Web-AR untuk Visualisasi dan Interaksi Konsep IPA

Penulis

  • Nofita Fajariyanti

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42851

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan Flipbook Digital berbasis Web Augmented Reality (Web-AR) sebagai media pembelajaran inovatif dalam mendukung immersive learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Media ini dirancang untuk menyajikan materi sains secara visual, interaktif, dan kontekstual, sehingga dapat membantu peserta didik memahami konsep-konsep abstrak secara lebih konkret dan menarik. Proses evaluasi dilakukan melalui validasi oleh dua ahli media, menggunakan instrumen penilaian yang mencakup aspek cakupan kelengkapan materi, kesesuaian gambar dan video, aksesibilitas, kemenarikan desain, komunikatif dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memperoleh skor rata-rata 96,25, yang dikategorikan sangat layak. Para ahli menilai bahwa penggunaan teknologi Web-AR dalam flipbook digital memperkuat daya tarik pembelajaran, memfasilitasi visualisasi konsep, dan mendukung keterlibatan aktif peserta didik. Kesimpulannya, media Flipbook Web-AR dinilai layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA sebagai bagian dari pendekatan immersive learning. Media ini berpotensi mendorong transformasi pembelajaran konvensional menjadi lebih interaktif, fleksibel, dan sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka yang menekankan pada kemandirian belajar dan pengalaman nyata.

Kata kunci: Immersive learning, flipbook digital, web augmented reality, media interaktif

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-08