Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Kelas V MI pada Pembelajaran IPA

Penulis

  • Alma Sakinatu Salma UIN Sunan Gunung Djati
  • Yayan Carlian UIN Sunan Gunung Djati
  • Ani Yanti Ginanjar UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42571

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui sejauh mana dampak penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui metode quasi experiment dengan jenis desain non-equivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas V pada salah satu MI di Kota Bandung yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan total 52 siswa, yang terbagi secara merata ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 26 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dengan jumlah 8 butir soal untuk pretest dan posttest. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen meningkat secara signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri, dengan rata-rata skor posttest mencapai 77,8 dan N-Gain sebesar 0,67 dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran inkuiri berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implikasi praktis dari temuan ini yaitu model pembelajaran inkuiri dapat menjadi alternatif strategi pengajaran IPA di sekolah dasar untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, kemampuan, berpikir kreatif, IPA

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-05