Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11050Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar Siswa, Dan Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran fisika yang terkesan sulit menyebabkan siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi powtoon digunakan untuk menarik minat belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga kelas X Teknik Alat Berat (TAB) dipilih menjadi sampel dari penelitian ini. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan tes tertulis. Hasil analisis angket minat belajar siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 83%. Minat siswa pada kategori sangat tinggi sebesar 35%, kategori tinggi sebesar 60%, dan kategori sedang sebesar 5%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa tertarik dan bersemangat terhadap proses pembelajaran. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas X TAB memperoleh N-gain sebesar 0.66 yang termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 76,90.References
Andrianti, Y., & Susanti, L. R. R. (2010). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. 58–68.
Ariyanto, R., & Kantun, S. (2018). Penggunaan media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian indonesia ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2017. 12, 122–127. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622
Ayu, I. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. 3(1).
Desi, D., Elvinawanty, R., & Marpaung, W. (2018). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Locus of Control pada Pelajar SMA. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(1), 11. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i1.1137
Devi, C., Utari, T. S. G., & Nurkanti, M. (2018). Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 1. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7263
Fajar, S., & Riyana, C. (2017). Pengaruh penggunaan media. 3(2), 101–114.
Febrino. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. Noura, 1(1), 1–21.
Maunah, B. (2016). Dampak Regulasi Di Bidang Tik Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 176–186. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8953
Nadun. (2017). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar trigonometri. 2348, 67–76.
Nia Juniarti, Yohanes Bahari, W. R. (2016). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fkip Untan, 4(1), 64–75.
Qomariah, S. S. (2016). Kualitas media pembelajaran minat belajar, dan hasil belajar siswa studi mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS Negeri 12 Jakarta. 4(1), 33–47.
Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 239. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3807
Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. (2016). Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108–114.
Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175–185. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=268282&val=7107&title=Peranan
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Usmeldi. (2015). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Autorun untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang.
Utami, K., & Julianto. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).