Pengembangan media LKS berbasis praktikm untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42883Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis praktikum guna meningkatkan minat belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan media ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru mata pelajaran sebagai validator. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta angket minat belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa media LKS berbasis praktikum berada dalam kategori “sangat layak” dengan skor rata-rata validasi ahli sebesar 89%. Respon siswa terhadap media termasuk dalam kategori “sangat positif”, dan terdapat peningkatan skor minat belajar siswa setelah menggunakan LKS, dengan nilai gain score rata-rata sebesar 0,52 (kategori sedang). Kesimpulannya, media LKS berbasis praktikum yang dikembangkan layak digunakan dan efektif dalam menaikkan minat belajar siswa di materi ekosistem. Penggunaan LKS yang memuat kegiatan praktikum dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa di tingkat SMP.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                 
							











