Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekologi di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja

Penulis

  • Heny Muliyani Universitas Tangerang Raya
  • Ani Nikmah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Faruq Haroky Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42882

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Ekologi di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja. Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subjek sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 47% pada siklus I menjadi 64% pada siklus II, dan mencapai 83% pada siklus III. Ketuntasan belajar meningkat dari 10% menjadi 95%. Uji statistik menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, media permainan ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran ekologi.

Kata kunci: Permainan Ular Tangga, Media Pelajaran, Ekologi, Hasil Belajar

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30