Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekologi di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42882Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Ekologi di kelas VII SMP Negeri 3 Balaraja. Permasalahan dalam penelitian ini disebabkan rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan subjek sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 47% pada siklus I menjadi 64% pada siklus II, dan mencapai 83% pada siklus III. Ketuntasan belajar meningkat dari 10% menjadi 95%. Uji statistik menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, media permainan ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran ekologi.
Kata kunci: Permainan Ular Tangga, Media Pelajaran, Ekologi, Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                











