Analisis kemampuan pedagogical content knowledge (PCK) calon guru MI pada konsep IPA dalam menghadapi pendidikan abad 21

Penulis

  • Dudung Abdurrahman Universtias Garut
  • Suci Nurmatin STAI Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi11059

Kata Kunci:

PCK, Konsep IPA, Pendidikan Abad 21

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru MI pada konsep IPA dalam rangka menghadapi pendidikan abad 21. Enam orang orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pendidikan IPA dijadikan sebagai partisipan. Data kemampuan PCK subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi saat partisipan melaksanakan simulasi pembelajaran. Hasil analisis kemampuan PCK partisipan saat simulasi pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan pedagogi dan konten secara terpisah sudah cukup baik, namun integrasi antara kemampuan pedagogi dengan kemampuan kontent belum terlihat baik. Dengan demikian kemampuan PCK partisipan dalam menghadapi pendidikan abad 21 belum maksimal.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-01