Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda

Ravena Hardyanti Thesarah, Lambang Subagiyo, Riskan Qadar

Abstrak


Pembelajaran fisika yang terkesan sulit menyebabkan siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi powtoon digunakan untuk menarik minat belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga kelas X Teknik Alat Berat (TAB) dipilih menjadi sampel dari penelitian ini. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan tes tertulis. Hasil analisis angket minat belajar siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 83%. Minat siswa pada kategori sangat tinggi sebesar 35%, kategori tinggi sebesar 60%, dan kategori sedang sebesar 5%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa tertarik dan bersemangat terhadap proses pembelajaran. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas X TAB memperoleh N-gain sebesar 0.66 yang termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 76,90.

Kata Kunci


Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianti, Y., & Susanti, L. R. R. (2010). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. 58–68.

Ariyanto, R., & Kantun, S. (2018). Penggunaan media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian indonesia ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2017. 12, 122–127. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622

Ayu, I. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. 3(1).

Desi, D., Elvinawanty, R., & Marpaung, W. (2018). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Locus of Control pada Pelajar SMA. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(1), 11. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i1.1137

Devi, C., Utari, T. S. G., & Nurkanti, M. (2018). Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 1. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7263

Fajar, S., & Riyana, C. (2017). Pengaruh penggunaan media. 3(2), 101–114.

Febrino. (2017). Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak. Noura, 1(1), 1–21.

Maunah, B. (2016). Dampak Regulasi Di Bidang Tik Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 176–186. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8953

Nadun. (2017). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar trigonometri. 2348, 67–76.

Nia Juniarti, Yohanes Bahari, W. R. (2016). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fkip Untan, 4(1), 64–75.

Qomariah, S. S. (2016). Kualitas media pembelajaran minat belajar, dan hasil belajar siswa studi mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS Negeri 12 Jakarta. 4(1), 33–47.

Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Perbaikan Differential. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 239. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3807

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. (2016). Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108–114.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175–185. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=268282&val=7107&title=Peranan

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Usmeldi. (2015). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Autorun untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang.

Utami, K., & Julianto. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.1050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â