Implementasi Lembar Kerja Berbasis Proyek Melalui Pembuatan Permen Jelly Rendah Gula

Penulis

  • Meisya Shantya Audila Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imelda Helsy Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saepudin Rahmatullah Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Citra Deliana Dewi Sundari Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riri Aisyah Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42609

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keterlaksanaan lembar kerja berbasis proyek melalui kegiatan pembuatan permen jelly rendah gula pada mata kuliah Kimia Aditif dan Adiktif. Model pembelajaran berbasis proyek digunakan untuk mendorong keterlibatan aktif mahasiswa, mendukung pemahaman konsep bahan tambahan pangan, serta mengaitkan pembelajaran dengan isu kesehatan sehari-hari. Penelitian dilakukan pada 30 mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas, penilaian lembar kerja, poster, dan presentasi. Seluruh instrumen divalidasi oleh tiga dosen ahli melalui penilaian aspek penyajian, konstruk, isi, dan pertanyaan, dengan rata-rata kelayakan 89% yang menunjukkan bahwa instrumen sangat layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor menggunakan rumus persentase, lalu diinterpretasikan ke dalam kategori penilaian tertentu. Hasil menunjukkan rata-rata nilai aktivitas mahasiswa sebesar 89, lembar kerja 89, poster 97, dan presentasi 88. Setiap tahapan pembelajaran  dijalankan secara sistematis dan menunjukkan keterlibatan aktif mahasiswa, dari analisis masalah hingga publikasi hasil. Produk akhir berupa permen jelly menunjukkan mutu yang baik berdasarkan tekstur, kadar gula, dan daya terima. Seluruh aspek pembelajaran berada dalam interpretasi sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa lembar kerja berbasis proyek dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung keterlibatan mahasiswa dalam memahami konsep, menerapkan praktikum, dan menyampaikan hasil ilmiah secara komunikatif dalam proses belajar kimia.

Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Lembar Kerja, Permen Jelly

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-02