Implementasi Lembar Kerja Berbasis Proyek Melalui Pembuatan Permen Jelly Rendah Gula
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42609Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keterlaksanaan lembar kerja berbasis proyek melalui kegiatan pembuatan permen jelly rendah gula pada mata kuliah Kimia Aditif dan Adiktif. Model pembelajaran berbasis proyek digunakan untuk mendorong keterlibatan aktif mahasiswa, mendukung pemahaman konsep bahan tambahan pangan, serta mengaitkan pembelajaran dengan isu kesehatan sehari-hari. Penelitian dilakukan pada 30 mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas, penilaian lembar kerja, poster, dan presentasi. Seluruh instrumen divalidasi oleh tiga dosen ahli melalui penilaian aspek penyajian, konstruk, isi, dan pertanyaan, dengan rata-rata kelayakan 89% yang menunjukkan bahwa instrumen sangat layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor menggunakan rumus persentase, lalu diinterpretasikan ke dalam kategori penilaian tertentu. Hasil menunjukkan rata-rata nilai aktivitas mahasiswa sebesar 89, lembar kerja 89, poster 97, dan presentasi 88. Setiap tahapan pembelajaran dijalankan secara sistematis dan menunjukkan keterlibatan aktif mahasiswa, dari analisis masalah hingga publikasi hasil. Produk akhir berupa permen jelly menunjukkan mutu yang baik berdasarkan tekstur, kadar gula, dan daya terima. Seluruh aspek pembelajaran berada dalam interpretasi sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa lembar kerja berbasis proyek dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung keterlibatan mahasiswa dalam memahami konsep, menerapkan praktikum, dan menyampaikan hasil ilmiah secara komunikatif dalam proses belajar kimia.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Lembar Kerja, Permen Jelly
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).











