Analisis Pengetahuan Ilmiah Proses Pembuatan Lentog Tanjung sebagai Objek Pembelajaran IPA dalam Upaya Pengenalan Literasi Sains dan Budaya Lokal

Penulis

  • Nadilla Nadilla Universitas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Sulasfiana Alfi Raida Universitas Islam Negeri Sunan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i2.42587

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh masih rendahnya keterkaitan antara materi IPA di sekolah dengan konteks budaya lokal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga berdampak pada rendahnya literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan ilmiah proses pembuatan Lentog Tanjung sebagai objek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam rangka mengenalkan literasi sains dan budaya lokal kepada peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pelaku usaha dan proses produksi Lentog Tanjung di wilayah Kudus, Jawa Tengah. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh diperkuat melalui triangulasi metode dan sumber untuk menjamin keabsahan informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan Lentog Tanjung mengandung berbagai konsep IPA, antara lain perpindahan kalor, perubahan sifat zat, perubahan fisika dan kimia, serta kandungan gizi dan zat aditif alami. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan lokal seperti memasak Lentog Tanjung dapat menjadi media efektif dalam mengenalkan literasi sains dan budaya lokal, khususnya pada aspek pengetahuan ilmiah, proses sains, dan konteks penerapan ilmu budaya. Simpulan dari penelitian ini bahwa integrasi budaya lokal ke dalam pembelajaran IPA berpotensi mendukung keterlibatan dan pemahaman ilmiah peserta didik, serta menjadi salah satu strategi dalam pengenalan literasi sains dan budaya lokal peserta didik di sekolah.

Kata kunci : budaya lokal, lentog tanjung, literasi sains, pembelajaran IPA

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-01