Aktivitas writing to learn dalam pembelajaran: Kajian literatur
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi22733Kata Kunci:
strategi writing to learn, pembelajaran, kajian literatur, content analysisAbstrak
Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak peneliti yang memfokuskan penelitian mengenai peran menulis dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berpikir peserta didik. Salah satu dari teknik menulis yang banyak digunakan adalah “writing to learn” (WTL). Sebuah konsep “menulis untuk belajar” yang dalam penerapannya guru mengikutkan peserta didik dalam mengembangkan ide dan konsep pengetahuan dengan menulis. Tulisan ini bertujuan untuk mensintesis studi penelitian yang meneliti writing to learn dalam berbagai berbagai konteks dan subjek pelajaran dari tahun 2014 sampai tahun 2022. Sebuah kajian literatur menggunakan metode analisis konten (content analysis) pada dua database online yakni Education Resources Information Center (ERIC) dan Google Scholar. Hasil pencarian menemukankan bahwa ada 18 artikel yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Publikasi artikel yang membahas mengenai strategi writing to learn paling banyak terjadi pada rentang tahun 2020 - 2021. Journal writing merupakan aktivitas writing to learn yang paling sering digunakan dalam pembelajaran yang menerapkan strategi writing to learn pada satu dekade terakhir. Oleh karena itu, melalui kajian literatur ini dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi writing to learn dengan berbagai bentuk aktivitas menulis pada berbagai konteks dan subjek pelajaran memberikan dampak positif yang menjadikan siswa ikut terlibat dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).