Penggunaan alat peraga tiga dimensi untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA

Penulis

  • Selli Nopita Azhari Universitas Garut
  • Ade Holis Universitas Garut
  • Iis Komariah Universitas Garut
  • Nurul Fatonah (SINTA ID : 6747491) Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi21926

Kata Kunci:

Media, Alat Peraga, Daya Ingat

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang maksimal karena kurang variatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menurunnya daya ingat siswa alam mengikuti pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga tiga dimensi dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI-A MI Al-Khoiriyyah I Karangpawitan Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen Pre-Experiental Desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini mengadakan pretest dan posttest supaya hasil yang didapatkan lebih akurat. Berdasarkan  hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata 83 pottest dan 42 pretest. Setelah diadakan uji t didapatkan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 45,33>2,70 berada di daerah penerimaan Ha. Uji N-Gain sebesar 0,71 dengan iterpretasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan alat peraga tiga dimensi dapat meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA.

Biografi Penulis

Nurul Fatonah, (SINTA ID : 6747491) Universitas Garut

LINK SINTA ,

Referensi

Rahmawati, T., & Holis, A. (2022). Penerapan..Metode..Index.Card.Match Terhadap..Hasil..Belajar..Siswa..pada..Mata..Pelajaran..IPA..Pokok Bahasan..Sistem..Pencernaan..Makanan..pada..Manusia.Jurnal.PGMI……UNIGA, 1(01).

Aunillah,..Nurla..Isna.(2015).Tips..dan..Trik..Mudah..Melejitkan…Daya…Ingat Anak.Yogyakarta:DIVAPress.

Damanik, B. N. (.2019.).Pengaruh..Alat..Peraga..Terhadap..Hasil..Belajar..Siswa Pada…Mata…Pelajaran..Ipa..Menggunakan..Model..Discovery..Learning Di…Kelas…V…Min…Medan…Tembung…TA2018/2019(Doctoralll dissertation,Universitas..Islam..Negeri..Sumatera..Utara).

Fadilah, Helma Nur. (2019).Pengaruh Bimbingan dan Konseling Terhadap Akhlak Siswa. Garut : Universitas Garut.

Fauziyyah, L. A. (2018).Pengaruh..Penggunaan..Alat..Peraga..Terhadap..Hasil Belajar..Pada..Mata..Pelajaran.Ilmu.Pengetahuan.Alam.Kelas.Iv..Sekolah..Dasar..Negeri…2..Rulung Raya..Natar..Lampung..Selatan..Tahun.Ajaran 2016/201 (Doctoral..dissertation,UIN..Raden..Intan..Lampung).

Sugiyono.2017,Metode..Penelitian…Kuantitatif,…Kualitatif,….danR&D,Bandung:CV Alfabeta.

Sunarti,S.,Jamhari,M.,&Paudi,R.I.(2016).Penerapan..Metode..DemonstrasiPada.Mata.Pelajaran.IPA.Untuk.Meningkatkan.Hasil.Belajar..Siswa..Kelas.,IV SDN..Padauloyo..Kecamatan..Ampana..Tete..Kabupaten...Tojo..Una-Una. Jurnal..Kreatif..Online,..4(4).

Yusuf,Syamsu.(2016).Psikologi.Perkembangan..Anak-.dan-.Remaja.Bandungg.: PT.--Remaja--Rosdakarya-Offset

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-21