Peningkatan pemahaman siswa SMP pada mata pelajaran IPA biologi materi sistem pernapasan manusia melalui pembelajaran kooperatif
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi21809Kata Kunci:
biologi, pertanyaan produktif, pembelajaran kooperatifAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi Analisis hasil belajar siswa, muncul satu masalah yaitu rendahnya nilai IPA siswa terutama dalam konsep yang abstrak. Hal tersebut diakibatkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, kurang terlibatnya siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurang digunakannya pertanyaan produktif yang dapat mengarahkan siswa untuk berfikir. Beranjak dari hal tersebut maka permasalahan yang dicoba diatasi melalui penelitian ini adalah dengan penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana penerapan, pelaksanan, dan peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 37 orang siswa.Penelitian dilakukan dalam dua siklus 4 pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang meningkat secara signifikan yaitu rata-rata nilai hasil belajar sebelum tindakan 58, siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 13 orang (35,14%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai <70 berjumlah 24 orang (64,86 %). Adapun setelah dilakukan tindakan yaitu pada padakonsep Sistem Pernapasan rata–rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75, siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 34 orang (91,89 %), sedangkan siswa yang memperoleh nilai<70 berjumlah 3 orang (8,11 %). Berdasarkan perhitungan indeks gain sebelum dan sesudah pembelajaran peningkatannya sedang yaitu 0,6 karena berada pada kisaran 0,3 < g  0,7. Peningkatan pemahaman tersebut di atas terbukti dengan munculnya pertanyaan – pertanyaan dari siswa saat diskusi kelas pada akhir pembelajaran dan siswa menjadi lebih aktif, antusias, motivasi belajar meningkat serta pola pikirnya berkembang.
Referensi
Dahar, 1992. Dampak Pertanyaan dan Teknik Bartanya Guru selama Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Berpikir Siswa (Laporan Penelitian), FPMIPA – IKIP Bandung.
Fauziah, 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Topik Alkanan, Alkena, dan Alkuna untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.
Musahir, 2000. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Tesis) – PPS UPI.
Nur, Muh. 1996. Pembelajaran Kooperatif, Naskah untuk Penyegaran dan Pelatihan Penelitian bagi Guru Pembina KIR – IKIP Surabaya.
Nurzanah, 2006. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pertanyaan Produktif Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.
Redjeki,Iis Siti Aisyah,Dedeh 2000. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Biologi yang abstrak melalui penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif di kelas IIA SLTP Negeri 12 Bandung. Laporan PTK. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.
Rosilawati, W. 1999. Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Konsep Transportasi pada Tumbuhan Bandung: FPMIPA UPI.
Rustaman, A dan Rustaman, N. 1997. Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Samani, M. 1996. Memperkenalkan Keterampilan Kooperatif (Tanya-Jawab), Naskah untuk Pengajaran dan Pelatian Penelitian bagi Guru Pembina KIR – IKIP Surabaya.
Slavin, RE. 1995. Cooperative Learning, Theory Research and Practice. Massachisetts: Allyn&Baccon.
Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Insan Cendekia.
Syamsuri, 2004. Sains Biologi SMP Untuk Kelas VIII. Erlangga: Jakarta.
Widodo, A. 2006. â€Peningkatan kemampuan siswa SD untuk mengajukan pertanyaan produktifâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. UPI
Yuniarti, 2005. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Konsep Gerak Tumbuhan. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).