Blended learning dalam pembelajaran IPA: Kajian literatur aspek kelebihan pembelajaran tatap muka dan online

Authors

  • Maolana Arifin Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia
  • Zulfitria Zulfitria Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia
  • Zihan Fauziah Rahmah Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi24140

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan kajian literatur pada artikel dengan fokus kajian tentang pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur review dengan 4 tahapan utama, yaitu pencarian artikel, seleksi artikel, analisis artikel dan penarikan simpulan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa  Pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran IPA dapat dilaksanakan dengan memperhatikan tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Salah satu bagian penting dalam tahapan persiapan, yaitu memastikan kesiapan siswa dapat menggunakan teknologi dan menyiapkan saran prasarananya. Pembelajaran IPA dengan blended learning ini memiliki kelebihan, yaitu fleksibilitas waktu dan tempat, kemudahan siswa dalam mengakses materi, keberagaman media pembelajaran yang dapat digunakan, serta penilaian yang komprehensif dan dapat dianalisis dengan baik oleh guru

References

Ananda, B., & Suranto, S. (2024). Transformasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan: Analisis Mendalam Fleksibilitas M-learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 695-701. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.936

Ariani, Y., & Widodo, W. (2022). Studi dampak pembelajaran IPA via daring terhadap pelaksanaan praktikum di sekolah menengah pertama. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 129-134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/42330

Effendi, Z. M., Effendi, H., & Effendi, H. (2015). Implikasi gaya belajar dalam desain blended learning. https://doi.org/10.31227/osf.io/dxnrf

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84

Harahap, Y. M., Rahmawati, W. T., & Lubis, S. I. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Renderforest Berbasis Pengajaran Blended Learning. Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 18-22. https://doi.org/10.56211/wahana.v2i1.238

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar digital berbasis flipbook untuk memberdayakan keterampilan abad 21 peserta didik pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079-6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715

Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194-201. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530

Tjahyanti, L. P. A. S. (2018). Blended Learning Berbasis Konstruktivisme Untuk Pembelajaran Teknik. Daiwi Widya, 5(1), 6-15.

Zahara, R., Nasution, F. S., Yusnadi, Y., & Surya, E. (2022). Implementasi pembelajaran blended learning di jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6482-6490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3189

Zamjani, I., Rakhmah W, D. N., Azizah, S. N., Waruwu, H., & Hariyanti, E. (2020). Platform pembelajaran digital dan strategi inklusivitas pendidikan di Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/21553/1/Puslitjak_2020_05_Platform_Pembelajaran_Digital_dan_Strategi_Inklusivitas_Pendidikan.pdf

Published

2024-08-21