Media berbasis komik pada pembelajaran IPA: Analisis karakteristik, bentuk, dan dampak dalam pembelajaran

Authors

  • Neng Kiane Reisa Salsabila Fardiana
  • Salwa Sulaimah Nurhakim
  • Abdul Latip

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi21977

Keywords:

Media Pembelajaran, IPA, Komik

Abstract

Tujuan dari penelitian artikel ini adalah memaparkan hasil analisis dari kajian pustaka atau literature review mengenai pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik. Kajian pustaka dilakukan pada 8 artikel yang dipublikasikan pada tahun 2015 sampai 2020, dengan melakukan 4 langkah literature view yaitu melakukan pencarian dan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis literatur, dan melakukan organisasi tulisan. Hasil kajian pustaka dan analisis menunjukan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik memiliki bentuk serta karakteristik sendiri. Bentuk komik yang dikembangkan berupa e-komik, komik strip, komik mitigasi dan buku komik. 2) Media pembelajaran IPA memberikan dampak terhadap siswa  diantaranya: meningkatkan motivasi terhadap hasil belajar siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi pelajaran, dan dapat meningkatkan prestasi belajar dalam berpikir kritis pada saat pembelajaran. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk komik yang telah dikembangkan sebagai media pembelajaran IPA dan memberikan dampak terhadap proses pembelajaran siswa.

References

Agatha, N. D., Prihatin, J., & Narulita, E. (2018). Pengembangan Buku Komik Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 59. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200

Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 341. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282

Kasih, P. P., & Hariyadi, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E -komik IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa kelas VIII SMP ( Development of Science E-comic Learning Media on Human Digestive System Material for Class. 08, 159–166.

Maghfirah, F., & Herowati, H. (2018). Pengembangan Media Komik Strip Sains “Pemanasan Global†Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas Vii Smpn 2 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 76–84. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.24

Mahendra, E. R., Siantoro, G., & ... (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education …, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375

Pramana, T. C. (2016). Pengembangan Media Komik sebagai bahan Ajar IPA Materi Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pondowoharjo Sleman. Repository Universitas PGRI Yogyakarta, 3(2), 1–11.

Rossana, L., Siswandari, & Sudiyanto. (2019). Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis : Sebuah Kajian Literatur. Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial 2019, 28–35.

Saputro. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media. Muaddib, 05(ISSN 2088-3390), 01.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Yani, F., & Wahyono, U. (2020). Pengembangan Komik Mitigasi Berbasis Potensi Bencana Lokal yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Fisika di Sulawesi Tengah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 198–205. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1874

Published

2022-07-21