Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi materi sistem reproduksi manusia pada siswa SMA Putra Bangsa Kabupaten Tangerang

Penulis

  • Yolinda Cantika Ekasari Universitas Tangerang Raya
  • Ani Nikmah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Mona Anju Sansena Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42886

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Putra Bangsa Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,936). Sampel penelitian berjumlah 43 siswa kelas XI MIPA. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup, dengan 13,3% siswa memperoleh skor 50%–60%. Uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar (p = 0,609 > 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis memerlukan penerapan model pembelajaran aktif seperti Problem-Based Learning (PBL) atau SIMAS ERIC, disertai media pembelajaran yang interaktif dan pelatihan guru.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-20