Penggunaan lingkungan sekolah sebagai laboratorium IPA untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran keanekaragaman hayati kelas VII SMP

Penulis

  • Uswatun Hasanah Universitas Tangerang Raya
  • Ani Nikmah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Mona Anju Sansena Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42885

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan lingkungan sekolah sebagai laboratorium IPA dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA pada materi keanekaragaman hayati, dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas VII SMP Penerus Bangsa Kota Tangerang. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa pembelajaran keanekaragaman hayati secara konvensional sering kali memicu keterlibatan aktif peserta didik dan pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, pendekatan yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar sekolah dianggap berpotensi untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain kuaisi-eksperimen dengan melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang belajar menggunakan lingkungan sekolah sebagai laboratorium IPA dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional di dalam kelas. Sampel pembeljaran dilakukan melalui investigasi langsung, observasi, identifikasi, dan klasifikasi organismedi berbagai habitat sekolah (misalnya taman, kebun, dan area berumput). Pengumpulan data aktivitas pembelajaran dilakukan melalui lembar observasi, dan angket respon.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-19