Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VII tentang klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda Malang Nengah Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42884Abstrak
Metode diskusi kelompok merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan interaksi verbal antar peserta didik untuk mencapai tujuan bersama, seperti memahami konsep, menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest control group, melibatkan 50 siswa MTs Nurul Huda Malangnengah, Tangerang. Instrumen penelitian diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar, dibuktikan dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai Pretest sebesar 53 meningkat menjadi 77,2 pada Posttest setelah perlakuan diberikan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok tidak hanya efektif meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa, sehingga berkontribusi pada efektivitas pembelajaran. Penelitian ini memperkuat bukti empiris bahwa interaksi kolaboratif dalam pembelajaran sains mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional.
Kata kunci : Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                











