Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VII tentang klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda Malang Nengah Tangerang

Penulis

  • Syifa Ayu Lestari Universitas Tangerang Raya
  • Fitri Rizkiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Ani Nikmah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Rizqi Nur Rachmawati Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya
  • Mona Anju Sansena Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42884

Abstrak

Metode diskusi kelompok merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan interaksi verbal antar peserta didik untuk mencapai tujuan bersama, seperti memahami konsep, menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest control group, melibatkan 50 siswa MTs Nurul Huda Malangnengah, Tangerang. Instrumen penelitian diuji melalui uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar, dibuktikan dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai Pretest sebesar 53 meningkat menjadi 77,2 pada Posttest setelah perlakuan diberikan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok tidak hanya efektif meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa, sehingga berkontribusi pada efektivitas pembelajaran. Penelitian ini memperkuat bukti empiris bahwa interaksi kolaboratif dalam pembelajaran sains mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional.

Kata kunci : Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30