Implementasi media kartu domino biologi untuk peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem ekskresi
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i2.42784Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media kartu domino biologi sebagai alternatif media pembelajaran dan mengkaji pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA IT Bina Pekerti sebanyak 23 siswa, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 48,7 menjadi posttest sebesar 81,5 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,64 (kategori sedang). Uji paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05) antara pretest dan posttest. Respon siswa terhadap penggunaan media juga menunjukkan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut, media kartu domino biologi efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI.
Kata kunci : Kartu domino biologi, pemahanan siswa, sistem eksresi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                 
							











