A Scoping Review Green Ecopreneur dalam Pembelajaran IPA: Bentuk dan Implementasinya
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i1.42770Abstrak
Krisis lingkungan global menuntut adanya transformasi dalam dunia pendidikan, khususnya melalui penguatan kesadaran ekologis dan penerapan pembelajaran yang berorientasi pada keberlanjutan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan strategi implementasi konsep green ecopreneur dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pendekatan scoping review. Metode ini digunakan untuk memetakan cakupan literatur dan mengidentifikasi pola-pola utama terkait integrasi green ecopreneurship dalam pendidikan IPA. Sumber literatur diperoleh dari berbagai basis data akademik dengan kriteria inklusi yang mencakup artikel yang relevan, terbit antara tahun 2014–2024, dan telah melalui proses peer-review. Metode ini digunakan untuk memetakan cakupan literatur dan mengidentifikasi pola-pola utama terkait integrasi green ecopreneurship dalam pendidikan IPA. Sumber literatur diperoleh dari berbagai basis data akademik dengan kriteria inklusi yang mencakup artikel yang relevan, terbit antara tahun 2014–2024, dan telah melalui proses peer-review. Namun, tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru, minimnya sumber belajar, serta hambatan teknis masih menjadi kendala dalam pelaksanaannya. Kajian ini menyimpulkan bahwa green ecopreneur memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan sains yang kontekstual, aplikatif, dan membentuk generasi berwawasan lingkungan, serta merekomendasikan adanya dukungan sistemik untuk keberlanjutan implementasinya.
Kata kunci : green ecopreneur, pembelajaran IPA, scoping review
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).











