A Scoping Review Green Ecopreneur dalam Pembelajaran IPA: Bentuk dan Implementasinya

Penulis

  • Aqilatun Ni'mah MAS YSPIS Gandrirojo, Rembang

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v4i1.42770

Abstrak

Krisis lingkungan global menuntut adanya transformasi dalam dunia pendidikan, khususnya melalui penguatan kesadaran ekologis dan penerapan pembelajaran yang berorientasi pada keberlanjutan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan strategi implementasi konsep green ecopreneur dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pendekatan scoping review. Metode ini digunakan untuk memetakan cakupan literatur dan mengidentifikasi pola-pola utama terkait integrasi green ecopreneurship dalam pendidikan IPA. Sumber literatur diperoleh dari berbagai basis data akademik dengan kriteria inklusi yang mencakup artikel yang relevan, terbit antara tahun 2014–2024, dan telah melalui proses peer-review. Metode ini digunakan untuk memetakan cakupan literatur dan mengidentifikasi pola-pola utama terkait integrasi green ecopreneurship dalam pendidikan IPA. Sumber literatur diperoleh dari berbagai basis data akademik dengan kriteria inklusi yang mencakup artikel yang relevan, terbit antara tahun 2014–2024, dan telah melalui proses peer-review. Namun, tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru, minimnya sumber belajar, serta hambatan teknis masih menjadi kendala dalam pelaksanaannya. Kajian ini menyimpulkan bahwa green ecopreneur memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan sains yang kontekstual, aplikatif, dan membentuk generasi berwawasan lingkungan, serta merekomendasikan adanya dukungan sistemik untuk keberlanjutan implementasinya.

Kata kunci : green ecopreneur, pembelajaran IPA, scoping review

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-14