Exploring the effectiveness of project-based learning on students’ motivation in science: An action research study
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42597Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh project-based learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sains. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII di salah satu sekolah negeri di Bandung, Jawa Barat, yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Classroom Action Research, dengan pengumpulan data melalui angket dan observasi kelas. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket Students’ Motivation Toward Science Learning (SMTSL) yang mencakup enam aspek, yaitu efikasi diri, strategi pembelajaran aktif, nilai pembelajaran sains, tujuan performa, tujuan pencapaian, dan stimulasi lingkungan belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 69% dan 68%, yang termasuk dalam kategori “baik”. Namun demikian, hasil tersebut juga mengindikasikan tidak adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar meskipun pendekatan PjBL telah diterapkan. Kondisi stagnasi ini mendorong perlunya eksplorasi lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan keterbatasan pengaruh PjBL terhadap peningkatan motivasi siswa. Beberapa faktor yang patut ditelaah antara lain kualitas pelaksanaan proyek, dinamika keterlibatan siswa, serta faktor kontekstual dalam lingkungan belajar yang mungkin memengaruhi hasil penelitian.
Kata kunci : Penelitian Aksi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Siswa, Pembelajaran Sains
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                











