Exploring the effectiveness of project-based learning on students’ motivation in science: An action research study

Penulis

  • Putra Habib Dhitareka Universitas Pendidikan Indonesia
  • Selvi Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Winarno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Sriyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Titin Supriyatin SMPN 26 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42597

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh project-based learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sains. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII di salah satu sekolah negeri di Bandung, Jawa Barat, yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Classroom Action Research, dengan pengumpulan data melalui angket dan observasi kelas. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket Students’ Motivation Toward Science Learning (SMTSL) yang mencakup enam aspek, yaitu efikasi diri, strategi pembelajaran aktif, nilai pembelajaran sains, tujuan performa, tujuan pencapaian, dan stimulasi lingkungan belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 69% dan 68%, yang termasuk dalam kategori “baik”. Namun demikian, hasil tersebut juga mengindikasikan tidak adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar meskipun pendekatan PjBL telah diterapkan. Kondisi stagnasi ini mendorong perlunya eksplorasi lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan keterbatasan pengaruh PjBL terhadap peningkatan motivasi siswa. Beberapa faktor yang patut ditelaah antara lain kualitas pelaksanaan proyek, dinamika keterlibatan siswa, serta faktor kontekstual dalam lingkungan belajar yang mungkin memengaruhi hasil penelitian.

Kata kunci : Penelitian Aksi, Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Siswa, Pembelajaran Sains

Diterbitkan

2025-04-30