Analisis tingkat penalaran siswa dalam pembelajaran fisika berbasis peer instruction guided inquiry

Penulis

  • Dudung Abdurrahman Universtias Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42488

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penalaran siswa pada pembelajaran fisika berbasis peer instruction guided inquiry (PIGI). Desain pembelajaran ini digunakan untuk mendorong partisipasi aktif siswa dan mengembangkan kemampuan penalaran melalui diskusi sejawat, dan penyelidikan terbimbing. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan sampel sebanyak 30 siswa SMA di kota Bandung.  Data tingkat penalaran diperoleh dari jawaban siswa saat concept test I dan concept test II, yaitu sebelum dan sesudah kegiatan guided inquiry. Bentuk instrumen tes yang digunakan yaitu ranking task exercise. Jawaban siswa dianalisis dan diklasifikasikan menggunakan rubrik tingkat penalaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat penalaran siswa berada pada tingkat dua, yaitu subfunctional dan tingkat tiga, yaitu nearfunctional. Pada tingkat ini, siswa sudah mampu mengindentifikasi variabel yang berpengaruh terhadap fenomena yang diberikan tetapi penjelasan yang digunakan menunjukan adanya keterbatasan pemahaman sehingga akan mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada perubahan konteks. Tingkat penalaran siswa pada saat concept test I dan concept test II cenderung mengalami kenaikan satu tingkat.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30