Efektivitas model PjBL berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Penulis

  • Sofia Almarwah Universitas Garut
  • Andinisa Rahmaniar Universitas Garut
  • Shinta Purnamasari Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42451

Abstrak

Salah satu tujuan pendidikan nasional di abad ke-21 yaitu menjadikan peserta didik yang mempunyai keterampilan berpikir kritis. Namun masih banyak ditemukan fakta bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Oleh sebab itu diperlukannya pembaruan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL-STEAM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada setiap indikatornya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Garut yang belum mempelajari materi usaha dan energi dan belum pernah menerapkan model pembelajaran PjBL-STEAM. Instrumen yang dipakai berupa soal uraian dengan jumlah 13 soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis berdasarkan dari indikator yang di kemukakan oleh Ennis dengan hasil validitas 0,51 dan reliabilitas 0,78. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, tes yaitu  pretest dan posttest. Hasil analisis data memperlihatkan adanya kenaikkan nilai rata-rata dari pretest ke posttest sebesar 48,5. Uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,71 dengan kategori tinggi yang berarti pembelajaran PjBL-STEAM ini mampu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan hasil indikator memberikan penjelasan sederhana mengalami peningkatan tertinggi dengan nilai N-Gain 0,71, dan indikator menyimpulkan mengalami peningkatan paling rendah dengan nilai N-Gain 0,67. Temuan ini mendukung penggunaan model PjBL-STEAM sebagai pendekatan inovatif untuk terciptanya pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: PjBL-STEAM, berpikir kritis, usaha, energi

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28