Efektifitas LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi pemanasan global
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42340Abstrak
Salah satu keterampilan yang harus siswa miliki pada abad 21 yaitu keterampilan literasi sains. Namun berdasarkan data, literasi sains peserta didik Indonesia tergolong rendah. Dengan itu, perlu diadakan peningkatan kualitas pembelajaran salah satunya dengan penggunaan bahan ajar seperti LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektifitas dari LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Selanjutnya, metode yang diterapkan yaitu Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII-D yang berjumlah 35 siswa di SMP yang terdapat di Kabupaten Garut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbasis literasi sains sebanyak 21 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan berupa perhitungan skor N-Gain guna mengetahui efektifitas LKPD berbasis PBL. Hasil yang diperoleh menunjukkan LKPD berbasis PBL memiliki efektivitas tinggi untuk meningkatkan literasi sains pada aspek pengetahuan sains dan kompetensi sains. Lebih lanjut, hasil perhitungan pada pengetahuan konten memperoleh N-Gain berkategori tinggi dengan skor 0,83, selanjutnya indikator pengetahuan epistemik memperoleh N-Gain dengan kategori sedang dengan skor 0,74, serta pada pengetahuan prosedural memperoleh kategori sedang dengan skor 0,57. Sementara itu, pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah memperoleh hasil N-Gain senilai 0,48 dengan kategori sedang, dan untuk indikator menginterpretasi data dan fakta secara ilmiah sebesar 0,58 (kategori sedang). Dengan demikian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL memiliki keefektifan untuk meningkatkan literasi sains pada materi pemanasan global.
Kata kunci : Literasi Sains, LKPD, Pemanasan Global, Problem Based Learning
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).
 
                                                











