Efektifitas LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi pemanasan global

Penulis

  • Mutia Asma Sidik Universitas Garut
  • Abdul Latip Universitas Garut
  • Andinisa Rahmaniar Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42340

Abstrak

Salah satu keterampilan yang harus siswa miliki pada abad 21 yaitu keterampilan literasi sains. Namun berdasarkan data, literasi sains peserta didik Indonesia tergolong rendah. Dengan itu, perlu diadakan peningkatan kualitas pembelajaran salah satunya dengan penggunaan bahan ajar seperti LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektifitas dari LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Selanjutnya, metode yang diterapkan yaitu Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII-D yang berjumlah 35 siswa di  SMP yang terdapat di Kabupaten Garut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbasis literasi sains sebanyak 21 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan berupa perhitungan skor N-Gain guna mengetahui efektifitas LKPD berbasis PBL. Hasil yang diperoleh menunjukkan LKPD berbasis PBL memiliki efektivitas tinggi untuk meningkatkan literasi sains pada aspek pengetahuan sains dan kompetensi sains. Lebih lanjut, hasil perhitungan pada pengetahuan konten memperoleh N-Gain berkategori tinggi dengan skor 0,83, selanjutnya indikator pengetahuan epistemik memperoleh N-Gain dengan kategori sedang dengan skor 0,74, serta pada pengetahuan prosedural memperoleh kategori sedang dengan skor 0,57. Sementara itu, pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah memperoleh hasil N-Gain senilai 0,48 dengan kategori sedang, dan untuk indikator menginterpretasi data dan fakta secara ilmiah sebesar 0,58 (kategori sedang). Dengan demikian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL memiliki keefektifan untuk meningkatkan literasi sains pada materi pemanasan global.

Kata kunci : Literasi Sains, LKPD, Pemanasan Global, Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28