Pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi berpendekatan discovery learning pada materi ekosistem

Penulis

  • Rahmah Alia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nurma Alya Meiana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Yatin Mulyono Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42291

Abstrak

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern menuntut manusia untuk memiliki berbagai keterampilan.  Keterampilan tersebut diantaranya adalah Learning and Innovation Skills yang meliputi 4 aspek, yaitu critical thinking, collaboration, creativity, and communication. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen critical thingking dan collaboration yang valid dan reliabel baik secara konten maupun konstruk. Metode yang digunakan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan instrumen hasil belajar biologi peserta didik sekolah menengah atas. terlihat bahwa korelasi antara variabel berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik rata-rata masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa soal tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah, sehingga dapat diperkirakan bahwa pembelajaran discovery learning yang diterapkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28