Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Digitalisasi Video animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Pembelajaran pada Materi Getaran dan Gelombang
Mohammad Ma'arif Ikhsanudin
Sari
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Digitalisasi Video animasi. Penelitian ini tergolong dalam kategori Research and Development atau disebut juga (R&D). Penelitian pengembangan biasanya dilihat sebagai prosedur atau serangkaian tindakan guna membuat item baru atau meningkatkan yang sudah ada. Media yang akan dikembangkan pada penelitian ini yaitu Video Animasi. Dalam langkah-langkah pengembangan produk, model penelitian pengembangan ADDIE dinilai lebih rasional dan lebih lengkap. Teknik pengumpulan data yaitu data dari uji ahli desain pembelajaran dan uji ahli media pembelajaran. Instrumen penelitian yaitu menggunakan angket untuk uji ahli desain pembelajaran dan uji ahli media pembelajaran. Berdasarkan hasil Uji Validasi ahli desain pembelajaran dan Uji ahli medi pembelajaran, diperoleh 88% dari uji ahli desain pembelajaran dan diperoleh 85% dari uji ahli media pembelajaran. yang berarti Video Education mendapatkan hasil dengan kategori layak / valid dan siap dipakai jika nantinya akan diterapkan kepada siswa. Dengan demikian, produk Video Education pada pembelajaran in mendapatkan validitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Adapula nilai pretest yang diperoleh dengan rata rata 65. Sedangkan, pada nilai posttest diperoleh nilai dengan rata rata 80 sehingga diperoleh nilai N-Gain sebesar 62,5% dalam kategori sedang.
Jurnal Pendidikan Kajian IPA Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214 Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id