Pengembangan alternatif media pembelajaran handout pada materi Hukum Archimedes untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik

Salwa Rihhadatul Afifah, Tsania Nur Diyana

Abstrak


Pembelajaran fisika akan semakin berkembang ketika dalam proses pembelajarannya didukung dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran handout untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Indikator isi materi, penyajian materi, desain media, dan kebahasaan digunakan pada uji validitas handout. Validitas handout diujikan kepada validator ahli dan validator praktisi. Berdasarkan uji validitas pada dua validator didapatkan hasil rata-rata validitas pada indikator isi 88%, penyajian materi 88%, desain media 83%, dan kebahasaan 88%. Hasil uji validitas menunjukkan alternatif media pembelajaran handout pada materi hukum Archimedes yang dikambangkan sangat valid atau layak untuk meningkatkan prestasi belajar

Kata Kunci


media pembelajaran, handout, hukum Archimedes, prestasi belajar, peserta didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.

Chiapetta, E.L.& Koballa. T. R. (2010). Science Instruction In The Middle AndSecondary School. Boston: Allyn & Bacon.

Faresta, R. A., & Kosim, G. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Applied Science and Technology, 1(3), 88-95.

Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 36-41.

Handayani, F., & Razi, P. (2022). Pengembangan Handout Fisika Berbentuk Komik Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kleas X SMA pada Materi Gerak. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 8(2), 213-222.

Rachmawati, I., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32-44.

Rohmayanti, R. R., Kusairi, S., & Hidayat, A. (2020). Penguasaan Konsep Hukum Archimedes pada Siswa Kelas XI dan XII SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 92-98.

Sani, M., & Joko. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 259-267.

Sari, S. Y., Syahra, N., & Husna, H. (2014). Pengembangan Handout Fisika Dasar Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Dinamika. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 1(1), 1-8.

Turrohmah, L., & Hakim, N. (2022). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Kingdom Plantae Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biotek, 10(1), 52-65.

Utami, R. A., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbentuk Buletin pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 28-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v3i2.2383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â