Pengembangan alternatif media pembelajaran handout pada materi Hukum Archimedes untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi22383Kata Kunci:
media pembelajaran, handout, hukum Archimedes, prestasi belajar, peserta didikAbstrak
Pembelajaran fisika akan semakin berkembang ketika dalam proses pembelajarannya didukung dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran handout untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Indikator isi materi, penyajian materi, desain media, dan kebahasaan digunakan pada uji validitas handout. Validitas handout diujikan kepada validator ahli dan validator praktisi. Berdasarkan uji validitas pada dua validator didapatkan hasil rata-rata validitas pada indikator isi 88%, penyajian materi 88%, desain media 83%, dan kebahasaan 88%. Hasil uji validitas menunjukkan alternatif media pembelajaran handout pada materi hukum Archimedes yang dikambangkan sangat valid atau layak untuk meningkatkan prestasi belajarReferensi
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38.
Chiapetta, E.L.& Koballa. T. R. (2010). Science Instruction In The Middle AndSecondary School. Boston: Allyn & Bacon.
Faresta, R. A., & Kosim, G. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif. Applied Science and Technology, 1(3), 88-95.
Habibati, H., Nazar, M., & Septiani, P. D. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 36-41.
Handayani, F., & Razi, P. (2022). Pengembangan Handout Fisika Berbentuk Komik Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kleas X SMA pada Materi Gerak. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 8(2), 213-222.
Rachmawati, I., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2021). Pengembangan Media Buletin Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32-44.
Rohmayanti, R. R., Kusairi, S., & Hidayat, A. (2020). Penguasaan Konsep Hukum Archimedes pada Siswa Kelas XI dan XII SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 92-98.
Sani, M., & Joko. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 259-267.
Sari, S. Y., Syahra, N., & Husna, H. (2014). Pengembangan Handout Fisika Dasar Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Dinamika. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 1(1), 1-8.
Turrohmah, L., & Hakim, N. (2022). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Kingdom Plantae Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biotek, 10(1), 52-65.
Utami, R. A., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbentuk Buletin pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 28-34.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).