Peningkatan pemahaman siswa SMP pada mata pelajaran IPA biologi materi sistem pernapasan manusia melalui pembelajaran kooperatif

Enda Hendayati Rachmat

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi Analisis hasil belajar siswa, muncul satu masalah yaitu rendahnya nilai IPA siswa terutama dalam konsep yang abstrak. Hal tersebut diakibatkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, kurang terlibatnya siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurang digunakannya pertanyaan produktif yang dapat mengarahkan siswa untuk berfikir. Beranjak dari hal tersebut maka permasalahan yang dicoba diatasi melalui penelitian ini adalah dengan penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana penerapan, pelaksanan, dan peningkatan pemahaman siswa setelah penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 37 orang siswa.Penelitian dilakukan dalam dua siklus 4 pertemuan. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar yang meningkat secara signifikan yaitu rata-rata nilai hasil belajar sebelum tindakan 58, siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 13 orang (35,14%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai <70 berjumlah 24 orang (64,86 %). Adapun setelah dilakukan tindakan yaitu pada  padakonsep Sistem Pernapasan  rata–rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75, siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 berjumlah 34 orang (91,89 %), sedangkan siswa yang memperoleh nilai<70 berjumlah 3 orang  (8,11 %). Berdasarkan perhitungan indeks gain sebelum dan sesudah pembelajaran peningkatannya sedang yaitu 0,6 karena berada pada kisaran 0,3 < g  0,7. Peningkatan pemahaman tersebut di atas terbukti dengan munculnya pertanyaan – pertanyaan dari siswa saat diskusi kelas pada akhir pembelajaran dan siswa menjadi lebih aktif, antusias, motivasi belajar meningkat serta pola pikirnya berkembang.


Kata Kunci


biologi, pertanyaan produktif, pembelajaran kooperatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dahar, 1992. Dampak Pertanyaan dan Teknik Bartanya Guru selama Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Berpikir Siswa (Laporan Penelitian), FPMIPA – IKIP Bandung.

Fauziah, 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Topik Alkanan, Alkena, dan Alkuna untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.

Musahir, 2000. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Tesis) – PPS UPI.

Nur, Muh. 1996. Pembelajaran Kooperatif, Naskah untuk Penyegaran dan Pelatihan Penelitian bagi Guru Pembina KIR – IKIP Surabaya.

Nurzanah, 2006. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pertanyaan Produktif Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.

Redjeki,Iis Siti Aisyah,Dedeh 2000. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Biologi yang abstrak melalui penerapan pertanyaan produktif dalam pembelajaran kooperatif di kelas IIA SLTP Negeri 12 Bandung. Laporan PTK. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.

Rosilawati, W. 1999. Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Konsep Transportasi pada Tumbuhan Bandung: FPMIPA UPI.

Rustaman, A dan Rustaman, N. 1997. Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Samani, M. 1996. Memperkenalkan Keterampilan Kooperatif (Tanya-Jawab), Naskah untuk Pengajaran dan Pelatian Penelitian bagi Guru Pembina KIR – IKIP Surabaya.

Slavin, RE. 1995. Cooperative Learning, Theory Research and Practice. Massachisetts: Allyn&Baccon.

Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Insan Cendekia.

Syamsuri, 2004. Sains Biologi SMP Untuk Kelas VIII. Erlangga: Jakarta.

Widodo, A. 2006. â€Peningkatan kemampuan siswa SD untuk mengajukan pertanyaan produktifâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. UPI

Yuniarti, 2005. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Konsep Gerak Tumbuhan. Skripsi. Bandung: FPMIPA UPI tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i2.1809

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools: