Persepsi Guru IPA mengenai Pemanfaatan Barang di Sekitar Rumah dalam Pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19

Abdul Latip, Diana Nurfajriah, Riana Fasya

Abstrak


Penelitian ini bertujuan menggambarkan persepsi guru IPA mengenai pemanfaatan barang di Sekitar Rumah dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 72 guru IPA di Kabupaten Garut yang melaksanakan pembelajaran IPA secara jarak jauh. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuisoner mengenai pemanfaatan barang di Sekitar rumah dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Hasil jawaban dari kuisioner diolah secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Sebanyak 48,61% guru IPA menyatakan melaksnakan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan barang yang terdapat di sekitar rumah dengan intensitas sering dan kadang-kadang. 2) Sebanyak 52,78% guru menggunakan barang di sekitar rumah berjenis barang bekas yang sudah tidak termanfaatkan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA, dan 3) Sebanyak 50% guru IPA menyatakan kendala yang dihadapi dalam mengemas pembelajaran dengan memanfaatkan barang di sekitar rumah berkaitan dengan ketersediaan waktu yang tidak memadai. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa guru IPA sudah banyak yang memanfaatkan barang di sekitar rumah dalam pembelajaran IPA selama masa pandemi covid-19, namun demikian guru IPA pun masih mengalami kendala dalam ketersediaan waktu dalam pembelajaran yang memanfaatkan barang di sekitar rumah.


Kata Kunci


Pembelajaran IPA, PJJ, Kontekstual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, L. R. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas dan Bahan Alam untuk Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Daerah 3T Abstrak. II, 186–191.

Desimarlina, Juniati, Ajizah, dan Jamaluddin. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Latip. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Latip dan Sutantri. (2021). Profil Literasi Digital Siswa Kelas Xi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan. 22(1), 32-42. 10.33830/jp.v22i1.884.2021

Mujakir, M. (2015). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443

Noor, F. M., Prasetyo, D. R., & Fawaida, U. (2019). Pemanfaatan Alat Dan Bahan Dari Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts Muwahidun Gembong. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5967

Radeswandri, Ramadan, C, P, dan Vebrianto, R. (2018). Bingkai dari Limbah Anorganik sebagai Media Pembelajaran IPA Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal for Teachers and Learning, 1(1), 1–5.

Ristiani. (2021). Development Of Context-Based Meaningful Learning In The Era Of Pandemic Covid-19. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana 2021.

Septiana, N., Rohmadi, M., Nasir, M., Nastiti, L. R., Usmiyatun, U., & Riswanto, R. (2018). Kesulitan Mengajar Ipa Terpadu Guru Ipa Smp/Mts Di Kalimantan Tengah. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.716

Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2016). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2871

Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Laboratorium Alam pada Pembelajaran IPA SD. Trihayu, 2(1), 215–220.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##