Persepsi guru IPA mengenai pemanfaatan barang di sekitar rumah dalam pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi21319Kata Kunci:
Pembelajaran IPA, PJJ, KontekstualAbstrak
Penelitian ini bertujuan menggambarkan persepsi guru IPA mengenai pemanfaatan barang di Sekitar Rumah dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 72 guru IPA di Kabupaten Garut yang melaksanakan pembelajaran IPA secara jarak jauh. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuisoner mengenai pemanfaatan barang di Sekitar rumah dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Hasil jawaban dari kuisioner diolah secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Sebanyak 48,61% guru IPA menyatakan melaksnakan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan barang yang terdapat di sekitar rumah dengan intensitas sering dan kadang-kadang. 2) Sebanyak 52,78% guru menggunakan barang di sekitar rumah berjenis barang bekas yang sudah tidak termanfaatkan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA, dan 3) Sebanyak 50% guru IPA menyatakan kendala yang dihadapi dalam mengemas pembelajaran dengan memanfaatkan barang di sekitar rumah berkaitan dengan ketersediaan waktu yang tidak memadai. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa guru IPA sudah banyak yang memanfaatkan barang di sekitar rumah dalam pembelajaran IPA selama masa pandemi covid-19, namun demikian guru IPA pun masih mengalami kendala dalam ketersediaan waktu dalam pembelajaran yang memanfaatkan barang di sekitar rumah.
Referensi
Arifin, L. R. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas dan Bahan Alam untuk Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Daerah 3T Abstrak. II, 186–191.
Desimarlina, Juniati, Ajizah, dan Jamaluddin. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Latip. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.
Latip dan Sutantri. (2021). Profil Literasi Digital Siswa Kelas Xi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan. 22(1), 32-42. 10.33830/jp.v22i1.884.2021
Mujakir, M. (2015). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443
Noor, F. M., Prasetyo, D. R., & Fawaida, U. (2019). Pemanfaatan Alat Dan Bahan Dari Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts Muwahidun Gembong. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5967
Radeswandri, Ramadan, C, P, dan Vebrianto, R. (2018). Bingkai dari Limbah Anorganik sebagai Media Pembelajaran IPA Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal for Teachers and Learning, 1(1), 1–5.
Ristiani. (2021). Development Of Context-Based Meaningful Learning In The Era Of Pandemic Covid-19. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana 2021.
Septiana, N., Rohmadi, M., Nasir, M., Nastiti, L. R., Usmiyatun, U., & Riswanto, R. (2018). Kesulitan Mengajar Ipa Terpadu Guru Ipa Smp/Mts Di Kalimantan Tengah. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.716
Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2016). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2871
Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Laboratorium Alam pada Pembelajaran IPA SD. Trihayu, 2(1), 215–220.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).