Edukasi Pentingnya Gizi Seimbang dan Sarapan Sehat Untuk Siswa SD Melalui Video Penyuluhan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.52434/nuraga.v1i1.42257Keywords:
gizi seimbang, makanan sehat, penyuluhan, sarapan sehatAbstract
Sarapan pagi memberikan peranan penting bagi anak sekolah di usia 6-12 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar untuk menjamin pemenuhan gizi di pagi hari. Apabila anak-anak terbiasa dengan sarapan pagi, maka akan berpengaruh terhadap kecerdasan otak, terutama untuk daya ingat dan mendukung prestasi belajar menuju arah yang lebih baik. Tujuan dilakukan penyuluhan edukasi gizi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pentingnya sarapan dan pemenuhan gizi seimbang untuk siswa-siswi SDN 1 Talaga. Sistem penyuluhan dilakukan secara langsung dengan membagikan brosur dan melakukan pre dan post test. Berdasarkan hasil survei diperoleh persentase siswa sarapan 28% dan yang tidak sarapan 8%, sedangkan untuk siswi yang sarapan 23% dan yang tidak sarapan 41%. Peningkatan pengetahuan pentingnya membiasakan sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, setelah pemberian brosur, dan penyampaian materi secara langsung dan audio visual sebesar 25%. Setelah melakukan kegiatan penyuluhan ini diharapkan siswa-siswi SDN 1 Talaga dapat mengetahui makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat sarapan, serta mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat tidak sarapan.
References
Astriani, L., Afra, T., Zahra, F., & Azahra, S. (2022). Edukasi katakan yes untuk sarapan sehat melalui program breakfast for fantastics (BFF) day. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat.
Chairin, A., Yanti Harjono Hadiwiardjo, Melly Kristanti, & Isniani Ramadhani Sekar Prabarini. (2024). Pentingnya edukasi gizi seimbang dan pengenalan isi piringku pada siswa remaja SMA Islam. SEGARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.33533/segara.v1i2.7301
Departemen Kesehatan. (2023). Sarapan, bolehkah dilewatkan. Kementrian Kesehatan.
Fitri, M., Tasya, Yuliani, S., Leni, Randong, M. F., Aryasari, P., & Ramdani, A. P. (2022). Penyuluhan gizi seimbang anak usia sekolah pada siswa-siswi SD Negeri 27 Kartiasa Kabupaten Sambas. Hippocampus: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.47767/hippocampus.v1i1.352
Hanim, B., Ingelia, I., & Ariyani, D. (2022). Kebiasaan sarapan pagi dengan status gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Kebidanan Malakbi, 3(1). https://doi.org/10.33490/b.v3i1.570
Lubis, N. (2019). Serba-serbi dunia gizi dan pangan. Deepublish.
Lubis, N., Srirahayu, Y., & Junaedi, E. C. (2024). Nitrogen cair the nutritional value of goldfish ( Cyprinus carpio ) after freezing. EDUFORTECH, 9(2), 137–145.
Masrikhiyah, R., & Octora, M. iqbal. (2020). Pengaruh kebiasaan sarapan dan status gizi remaja terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Gizi Dan Kesehatan (JIGK), 2(01). https://doi.org/10.46772/jigk.v2i01.256
Nuzrina, R. (2020). Upaya peningkatan pengetahuan mengenai gizi seimbang pada penjamah makanan kanting Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 6(2).
Pomalingo, A. Y., Mokodompis, Y., & Fadhoo’il, M. Z. (2024). Studi kasus hubungan antara aktivitas fisika dan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar pada siswa. Madu Jurna Kesehatan, 13(1), 83–90.
Putri, H. P., Andara, F., & Sufyan, D. L. (2021). Pengaruh edukasi gizi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11608
Rafika, R., Astuty, P., & Setyowati, S. (2018). Hubungan kebiasan sarapan pagi dengan konsentrasi pada remaja. Biomed Science, 6(2), 26–35.
Ramdaniati, S. N., & Wandi, S. (2022). Perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan antara media video dan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pencegahan Covid-19 di MAN Pandeglang tahun 2021. HEARTY : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 32–41.
Wiradnyani, L. A. A., & Dkk. (2019). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar. In Kemendikbud RI.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuraga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
or all articles published in Nuraga: Jurnal Pengabdian Masyarakat, the copyright is retained by the journal. Articles are published under the terms of Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA 4.0) . For Authors:
|