Pengenalan dan Peningkatan Pengetahuan Konsep Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.52434/nuraga.v1i1.42249Keywords:
pola makan sehat, gizi seimbang, sarapan sehatAbstract
Kecukupan gizi seimbang yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung berbagai zat gizi dengan jenis serta jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa data menunjukkan bahwa anak usia sekolah masih banyak yang mengalami krisis gizi. Meningkatnya angka stunting dan obesitas merupakan akibat dari pola makan yang tidak sehat dan kurangnya pendidikan gizi. Kegiatan penyuluhan berlokasi di SD Negeri 2 Sirnajaya Garut dengan tema “Optimalisasi Gizi Seimbang”, dilaksanakan oleh tim PKM mahasiswa farmasi Universitas Padjajaran didukung oleh mahasiswa dari farmasi UNIGA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang pentingnya gizi seimbang dalam mendukung pertumbuhan fisik dan kognitif. Kegiatan ini melibatkan siswa kelas 5 dan 6 dimulai dengan pretest, posttest, pemberian materi edukasi yang disampaikan melalui presentasi, pembagian flyer serta dilakukan sesi tanya jawab. Berdasarkan pertanyaan mengenai definisi makanan sehat, definisi gizi seimbang, dan pedomanan gizi seimbang, didapatkan hasil penyuluhan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa sebesar 13%, serta siswa memiliki kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat agar memperoleh gizi yang seimbang.
References
Andriyani, S., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh edukasi melalui media audiovisual (animasi) terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414
Fitri, M., Tasya, Yuliani, S., Leni, Randong, M. F., Aryasari, P., & Ramdani, A. P. (2022). Penyuluhan gizi seimbang anak usia sekolah pada siswa-siswi SD Negeri 27 Kartiasa Kabupaten Sambas. Hippocampus: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.47767/hippocampus.v1i1.352
Guswika, H. (2017). Study of potential extension for improving knowledge society in ngadas village about medicinal plants. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(2), 85–93. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.13153
Harianti, R., Putri, A. M., Ramadhani, N., & Nur, W. (2024). The effect of nutrition education on increasing adolescents knowledge about diverse food consumption in an effort to implement the 4 pillars of balanced nutrition. JUrnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 6(1), 2017–2020.
Husnaeni, W. S., & Maulana, R. A. (2024). Pengaruh program isi piringku terhadap status gizi anak di Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(4), 13582–13591.
Jusriani, R., & Zulfitrawati. (2023). Edukasi gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Locus Penelitian Dan Abdimas, 1(1), 1–4.
Khodijah, U. P. (2024). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak usia dini. In PT Nuansa Fajar Cemerlang (Vol. 1, pp. 1–14). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Laura B. S. Huwae, Johan B. Bension, Revi A. Rumbawa, Fira A. Rehalat, Kuntum N. Lisaholet, Laury M. Ch. Huwae, & Ronald D. Hukubun. (2024). Perilaku hidup bersih dan sehat serta pemberian makanan sehat pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Bidang Kesehatan, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.57214/jpbidkes.v2i2.69
Nasution, K. (2022). Penyuluhan tentang gizi seimbang pada siswi di SMPN 2 Huragi tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darmais, 1(2), 5–9. https://ejournal.stikesdarmaispadangsidimpuan.ac.id/index.php/jpmd
Novianti, G. A., & Seprianus, P. (2022). Diet makanan sehat sesuai golongan darah dengan pemanfaatan teknologi berbasis mobile. Jurnal Teknologi Informasi, 10(1), 1–9.
Nugraheni, S. A., Aruben, R., Prihatin, I. J., Sari, S., & Sulistyowati, E. (2018). Peningkatan praktik mandiri ibu dalam pemantauan status gizi balita melalui pendampingan aktivitis dasa wisma. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(4). https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i4.5233
Nursyamsi, Nurlinda, A., & Ikhtiar, M. (2023). Karakteristik balita stunting di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pakkae Kabupaten Barru. Journal Of Muslim Community Health (JMCH), 4(3), 169–175.
Prasetiawati, R., Lubis, N., Ramadhanty, T., & ... (2022). Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan saat kondisi pandemi Covid-19 di Kelurahan Sukagalih. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 918–925.
Putra, F. H., Sawitri, N., Wedhatami, P., & Seimbang, G. (2023). Sosialisasi pedoman gizi seimbang di sekolah. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 3(1), 1–5.
Sulistiawati yuni, Pratiwi rica amali, & Fitriana. (2019). Edukasi gizi seimbang pada anak usia sekolah di SDN 2 Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu tahun 2019. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat Ungu, 1(1), 60–64.
Susanty, S. D., Suwito, A., Winas, L. N., & Novela, V. (2024). Penyuluhan kesehatan tentang isi piringku di SDN 09 Manggis Gantiang tahun 2024. Empowering Society Journal, 5(1).
Wijayanti. (2024). Studi kolerasi pengetahuan gizi dan praktek gizi seimbang dengan status gizi remaja putri. Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, 2(1), 256–265. https://doi.org/10.61132/vitamin.v2i1.217

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuraga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
or all articles published in Nuraga: Jurnal Pengabdian Masyarakat, the copyright is retained by the journal. Articles are published under the terms of Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA 4.0) . For Authors:
|