Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

Ahmad Akbar, Raharjo Raharjo, Dadang Supriadi, Didin Wahidin, Hanafiah Hanafiah

Abstrak


Adanya perubahan dalam kehidupan sosial mengantarkan manusia untuk bisa mewujudkan kehidupan yang selamat dunia dan akhirat. Pendidikan pesantren bertujuan mengembangakan kemampuna manusia dari apsek agama dan kurikulum nasioanal menjadi kesatuan yang utuh. Sekolah Berbasis merupakan model pendidikan yang mampu mengembangkan multiple intelligence, spiritual keagamaan, kecakapan hidup dan penguatan karakter kebangsaan. Tidak hanya pengetahuan agama saja, juga pengetahuan umum pun dipelajari sesuai ketentuan dari pemerintah. Adanya integrasi kultur kepesantren kedalam mata pelajaran dan manajemen sekolah. Oleh karena itu, keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak bisa lepas dari aspek kurikulum, dimana pengelolaan manajemen kurikulum disekolah berbasis pesantren akan berimbas pada out mutu lulusan dari lembaga pendidiakn tersebut. Maka dengan menerapkan manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Al-Falah Nagerg yang baik dan teringtegrasi akan menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) bagimana manajemen sekolah berbasis pesantren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al-Falah Nagreg, 2) Bagaimana implikasi manajemen sekolah berbasis pesasntren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al-Falah Nagreg. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Al-Falah Nagreg terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan dengan dilakukannya rapat kerja (raker) awal tahun ajaran baru, 2) pengengorganisasian dengan memberikan tupoksi secara proporsional dan professional, 3) penggerakan yang dilakukan dalam bentuk kinerja bardasarkan program kerja,4) pengawasan dalam bentuk penilaian dalam mengevaluasi kinerja oleh pimpinan sekolah. Ada dua imlikasi dari implementasi manajamen sekolah berbasis pesantren yang penelitia temukan di SMK Al-Falah Nagerg yaitu implikasi teoritis yang mencakup visi, misi serta tujuan sekolah serta perlunya dikembangkan kesadaran berkerjasama dalam meningkatkan mutu lulusan.

Kata kunci : Manajemen, Sekolah Berbasis Pesantren, Mutu Lulusan

 


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Daftar pustaka

Dien, Karim & Agustin. Perbedaan Kecerdasan Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Model Pembelajaran Sekolah Reguler, Sekolah Alam dn Homeschooling. 2015

Fathurahman. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Yogyakarta. Kalimedia. 2015

Rohiat. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung. Refika Aditama. 2008

Nizar. Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta. Kencana Prenada Media Group, 2013

Permendikbud. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Nur Zazin. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media. 2011

Endah Tejaningsih et.al. Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf. Al-Thariqah. Vol 7. 2022

Wahdi Sayuti & Fauzan. Integrasi Kultur Kepesantrenan ke dalam Mata Pelajaran. Direktorat Pendidikan Diniyah & Pondok Pesantren. Kemenag. 2013

R. Terry. G. Prinsip – prinsip Manajemen. Jakarta. Bumi Aksara. 2019

Saifuludin. Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) dalam Pembentukan Kepribadian Msulim Peserta Didik Putra di SMPIT Darul Qur’an Gunung Sindur Bogor. Tesis. Institut PTIQ. Jakarta. 2018

Ita Puji Astuti. Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik. THE JOER. Vol. 2. 2022

Brigitta et.al. Edupreuneur dalam Meningkatan Mutu Lulusan SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi&Bisnis. Universitas Sebelas Maret. 2015

Zuhri. Convengentive Desain Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta. Depublish. Publisher. 2016

Nurochim. Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam dalam Konsepsi Perubahan Sosial. Al-Tahrir. Vol. 16. 2016

Kemdikbud RI. Dirjendikdasmen. Laporan Monitoring dan Evaluasi Program Sekolah Berbasis Pesantren. Jakarta. 2016

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/07/20/mutu-lulusan-sekolah-menengah-kejuruan-di-era-global




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v16i2.2388

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.