Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Toilet Training Melalui Analisis Tugas Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III (Studi kulitatif Pada SLB Negeri Trituna dan SLB Negeri di Kabupaten Subang)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1679Abstract
Beberapa anak tunagrahita sedang masih mengalami kesulitan dalam menggunakan toilet sehingga dibutuhkan pembelajaran untuk membentuk kemandirian anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita sedang tentang toilet training. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori manajemen, teori belajar dan teori kemandirian, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kulitatif melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan Toilet Training pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Negeri Subang melalui perencanaan pembelajaran para guru berdasarkan hasil asesmen, melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode drill dan praktik langsung, menilai pembelajaran melalui tes formatif dan sumatif untuk menilai perkambangan kemandirian anak walaupun masih terdapat hambatan karena perbedaan tingkat kemampuan anak serta kerjasama orang tua anak masih kurang untuk membiasakan kemampuan anak dalam pemanfaaan toilet di rumahnya masing-msaing sehingga hasilnya belum maksimal secara signifikan..
Â
Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Anak Tunagrahita Sedang, Toilet Training, Analisis Tugas.References
Astati. (2010). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita Cetakan pertama. Bandung: Catur Karya Mandiri.
_____. (2011). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita Cetakan kedua. Bandung: Amanah Offset.
Astati dan Mulyati. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.
Mulyasa,E. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya
Mohammad Nasrullah, H. Yufi, Yasya Fauza Wakila, and Nurul Fatonah. 2021. “Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan).†Jurnal Pendidikan UNIGA 15(2):484. doi: 10.52434/jp.v15i2.1394.
Nurul Fatonah. 2019. KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI.
Rahardja, DJ. (2006). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. University of Tsukuba.
Syaiful, Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samino. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta:
Bumi Aksara.
Wantah, Maria J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita, Mampu Latih. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.
Purwati, P. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks bagi siswa kelas VI SD Negeri sewulan 02 Kabupaten Madiun melalui Metode Drill. 5, (20).