Perbedaan Karakteristik Kuantitatif Domba Garut Jantan Tangkas Di Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah Kabupaten Garut

Nia Agustina, Tati Rohayati, Titin Nurhayatin

Abstrak


Perbedaan ketinggian tempat dapat menyebabkan perbedaan dalam iklim dan kualitas pakan. Hal ini dapat mempengaruhi performa domba garut.  Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tentang perbedaan dalam karakteristik kuantitatif domba garut jantan tangkas antara dataran tinggi dan dataran rendah di Kabupaten Garut.  Parameter yang diamati mencakup tinggi pundak, panjang badan, lingkar dada, lingkar skrotum dan berat badan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan analisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan uji t tidak berpasangan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 ekor domba.  Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan sofware Statistical Program for Social Science. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan karakteristik kuantitatif domba garut jantan tangkas antara di dataran tinggi dengan di dataran rendah Kabupaten Garut.  Karakteristik kuantitatif domba garut jantan tangkas di dataran tinggi menunjukkan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan yang dipelihara di dataran rendah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, A dan R.R. Noor. 2006. Pendugaan Nilai Heritabilitas Bobot Lahir dan Bobot Sapih Domba Garut Tipe Laga. Media Peternakan. 29 (1) : 7-15.

Handiwirawan, E., R. R. Noor, C. Sumantri and Subandriyo. 2013. The Differentiation of Sheep Breed Based on The Body Measurements. J. Indonesian Trop. Anim. Agric, Vol. 36(1): 1-8.

Kusuma, W.S. L.I. Tumbelaka, I Supriatna, D. Tambajong. 2019. Evaluasi Status Reproduksi Domba Garut Jantan Tipe Tangkas. Tesis. Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.

Praja, A.M. 2018. Sifat-sifat Kuantitatif DOmba Garut Jantan Tangkas di Arena Ketangkasan Arlanda CIkandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Skripsi. Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Univerisitas Garut.

Ramdan R., 2007. Fenotipe domba lokal di Unit Pendidikan Penelitian dan Peternakan Jonggol. Skripsi. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v8i1.3565

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.