Pengaruh Lebar Albumen, Tinggi Albumen, dan Indeks Albumen terhadap Haugh Unit Telur Ayam Ras

Putri Ayu Rhamadhini, Dani Garnida, Dedi Rahmat

Abstrak


Peningkatan nilai Haugh unit agar kualitas telur semakin baik dapat dilakukan dengan meninjau faktor yang berkorelasi dengan Haugh unit diantaranya lebar albumen, tinggi albumen dan indeks albumen. Adanya hubungan sebab-akibat menandakan adanya jalur pengaruh yang dapat diukur berapa besarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dan besar pengaruh lebar albumen, tinggi albumen, dan indeks albumen terhadap Haugh unit telur ayam ras. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan sampel diambil secara purposive sampling dari 300 butir telur ayam ras segar dengan kriteria keutuhan kerabang dan keseragaman bobot telur KV 10%, kemudian dianalisis menggunakan analisa jalur. Hasil analisis menunjukkan lebar albumen (X1) berkorelasi negatif dengan Haugh unit sebesar -0,554, sedangkan tinggi albumen (X2) dan indeks albumen (X3) berkorelasi positif, masing-masing sebesar 0,949 dan 0,936 (P<0,01). Tinggi albumen memiliki pengaruh paling tinggi terhadap nilai Haugh unit yaitu sebesar 74,39%. Adapun lebar albumen dan indeks albumen memiliki pengaruh lebih rendah, masing-masing sebesar 7,70% dan 10,95%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi antara lebar albumen, tinggi albumen dan indeks albumen dengan Haugh unit, dimana tinggi albumen paling besar pengaruhnya terhadap nilai Haugh unit.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v7i1.2038

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.