ANALISIS FINANSIAL PETERNAKAN AYAM PETELUR DI CIGALUMPIT FARM KECAMATAN WANARAJA KABUPATEN GARUT

Gilang Yoga Naratama Sujana, Tati Rohayati, Tendy Kusmayadi

Abstrak


Prospek pengembangan agribisnis ayam ras petelur di masa yang akan datang bisa dilihat dari sisi penawaran dan sisi permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis finansial Peternakan ayam petelur di Cigalumpit Farm. Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Peternakan Cigalumpit Farm pada Bulan Mei 2020 sampai Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis kelayakan finansial yaitu : Net Benefit Cost Ratio (Net B/C ratio), Internal Rate of Return (IRR) dan Break Even Point (BEP). Hasil analisis finansial, usaha Peternakan Cigalumpit Farm tahun 2020 menunjukkan bahwa dengan modal pinjaman (tingkat suku bunga 15%) maka didapat Net B/C Ratio 1,15. IRR yang didapat sebesar 15,174%. BEP atau titik impas dalam Rupiah sebesar Rp. 11.366.705 Berdasarkan kriteria kelayakan, Net B/C Ratio lebih dari satu, IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku. Maka  secara finansial usaha peternakan Cigalumpit Farm layak untuk dijalankan dan dilanjutkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah St, R dan Arwati S. 2021. Break Even Point (BEP) Usaha Ternak Ayam Petelur Mandiri Di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Peternakan Lokal, 3(1) : 23-28.

Eviana, B. 2014. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Tesis. Universitas Brawijaya, Malang.

Freddy, R. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Husnan, S. Dan M. Suwarsono. 2010. Studi Kelayakan Proyek. Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Ibrahim, Y. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta.

Kasmir dan Jakfar, 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Kencana, Bogor

Kurniawan, Y.,I., B. Romadhoni dan I. Abdullah. 2018. Analisis kelayakan dan Persaingan Usaha Ayam Petelur H. baso di Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Jurnal Ekonomi 14 (1) : 104-112.

Mappigau, P., dan A. Sawe Ri Esso. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Telur pada Peternakan Ayam Ras Skala Besar di Kabupaten Sidrap. J. Agribisnis X(3), 14-31.

Mulyadi. 2000. Akuntansi Biaya Edisi 5. Aditya Media., Yogyakarta.

Nurmalina R, T. Sarianti dan A. Karyadi. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor (ID): Departemen Agribisnis FEM-IPB.

Nursinah, I. Z., R. Lutfiadi dan Mustaqiem. 2012. Analisis Finansial Ayam Ras Pedaging (Kasus Pembesaran Ayam Ras Pedaging di Kecamatan Bekasi Barat). CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 3(2), 36-45

Santosa, R., H. Sudarmadji dan Z. Purwanto. 2012. Analisis Kelayakan Usaha Peternak Ayam Petelur (Studi Kasus di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep). Jurnal Cemara 9 (1) : 1-13.

Sari, M. L. dan M. Ramadhon. 2017. Manajemen Pemberian Pakan Ayam Broiler di Desa

Tanjung Pinang Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Peternakan

Sriwijaya, 6(1), 37-43

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Triana, A., T. Salam, dan M. Muis. 2007. Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur periode Layer di Kecamatan Maros. J Agrisistem, 3(1): 11-25.

Ulfa, Z., W. Sarengat dan S.I. Santoso. 2014. Analisisi Finansial Usaha Peternakan Ayam UD. Balebat di Desa Karang Kobar Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Animal Agriculture Journal 3(3): 476-482.

Umar, H. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v6i2.1974

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.