EVALUASI PENAMPILAN REPRODUKSI SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN PADA BERBAGAI UMUR DI WILAYAH KERJA KOPERASI PETERNAKAN BANDUNG SELATAN

Taufiq Syaiful Tahjudin, Tendy Kusmayandi, Ibrahim Hadist

Abstrak


Evaluasi terhadap penampilan reproduksi sangat penting, karena baik buruknya penilaian terhadap seekor sapi perah bergantung pula pada baik buruknya  atau teratur tidaknya sapi tersebut dapat beranak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi Penampilan Reproduksi melalui pengamatan angka Service per Conception (S/C), angka Post Partum Mating dan angka Days Open (DO) pada sapi perah Friesian Holstein di wilayah kerja Koperasi Peternakan Bandung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dengan pengambilan data bersumber dari data sekunder dan primer. Pengambilan data sekunder diambil dari data rekording di kantor KPBS dengan pengambilan data masing-masing 10% dari setiap tingkatan umur yaitu umur ≤ 4 tahun sebanyak 40 ekor, umur 4-7 tahun sebanyak 171 ekor dan umur > 7 tahun sebanyak 21 ekor, sedangkan data primer menggunakan kuisioner kepada 215 peternak di wilayah kerja Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS). Hasil dari penelitian menunjukkan Service per Conception (S/C) ternak umur ≤ 4 tahun adalah 1.7, umur 4-7 tahun adalah 1.7 dan umur > 7 tahun adalah 2.0, Post Partum Mating ternak umur ≤ 4 tahun rata-rata adalah 98 hari, umur 4-7 tahun rata-rata adalah 86 hari dan umur > 7 tahun rata-rata adalah 85 hari dan Days Open (DO) ternak umur ≤ 4 tahun rata-rata adalah 112 hari, umur 4-7 tahun rata-rata adalah 104 hari dan umur > 7 tahun rata-rata adalah 113 hari. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Evaluasi Penampilan Reproduksi Sapi Perah Friesian Holstein di Wilayah Kerja Koperasi Peternakan Bandung Selatan dapat dikategorikan baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandhy. L., D. M. Dikman., dan D. Ratnawati. 2019. Pengaruh Waktu Perkawinan Pasca Beranak Terhadap Performa Produktivitas Sapi Induk Pada Kondisi Peternakan Rakyat. Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan. 29(2)158-166.

Atabany A., B.P. Purwanto., T. Toharmat., A. Anggraeni. 2011. Hubungan Masa Kosong Dengan Produktivitas Pada Sapi Perah Friesian Holstein di Baturaden, Indonesia. Media Peternakan Jawa Barat. 34(2)77-82.

Atabany A., B.P. Purwanto., T. Toharmat., A. Anggraeni. 2013. Performa Reproduksi Sapi Perah Friesian Holstein (FH) Pada Generasi Induk dan Keturunannya. Jurnal Ilmu Reproduksi dan Teknologi Peternakan. 01(1)31-36.

Eriansyah, A. 2016. Pengaruh Fase Kelahiran Terhadap Days Open dan Calving Interval Pada Ternak Sapi Perah. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Filian, B., V. S. A. B. Santoso, D. W. Harjanti dan W. D. Prastiwi. 2016. Hubungan Paritas, Lingkar Dada dan Umur Kebuntingan dengan Produksi Susu Sapi Friesian Holstein di BBPTU-HPT Batturaden. Agripet, 16(2):83-89.

Hadari Nawawi dan Mini Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta Gajah Mada University Press.

Hafez, E. S. E. 2000. Reproduction In Farm Animals. Lipincoft Willians dan Wilkins, Maryland. USA. 165.

Ihsan, M. N., dan Wahyuningsih, S. 2011. Penampilan Reproduksi Sapi Potong di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ternak Tropikal 12(2): 74-80.

Jaenudeen, M.R. and E.S.E. Hafez. 2008. Cattle And Buffalo in Reproduction In Farm Animals. 7th Edition. Edited by Hafez E.S.E. Lippincott Williams & Wilkins. Maryland. USA. 159:171.

J.S. Awan., A. Atabany., B.P. Purwanto. 2016. Pengaruh Umur Beranak Pertama Terhadap Performa Produksi Susu Sapi Friesian Holstein di BBPTU-HPT Baturraden. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknoligi Hasil Peternakan. 04(2)306-311.

Kurnianto, E., I. Sumeidiana dan R. Yuniara. 2004. Perbandingan Dua Metode Pendugaan Produksi Susu Sapi Perah Berdasarkan Catatan Sebulan Sekali. J. Indon. Trop. Anim. Agric., 29(4):1-6.

Rasad, S.D. 2009. Evaluasi penampilan reproduksi sapi perah (studi kasus di perusahaan peternakan sapi perah KUD Sinarjaya). J. Agripet. 9 (1): 43-49.

Singarimbun, M dan Effendi. 1995. Metode penelitian survey. Jakarta. PT. Pustaka LP3ES.

Triwulanningsih, E., T. Susilawati dan Kustono. 2009. Reproduksi dan inovasi teknologi reproduksi di dalam Profil Usaha Peternakan Sapi Perah di Indonesia. LIPI Press. Jakarta.s




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v6i1.1502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : [email protected]



PISSN/EISSN :                                                           UNDUH TEMPLATE

                     

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

              

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.