Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dI SD X Cubadak

Penulis

  • tilza rahmi Universitas islam negeri mahmud yunus batusangkar

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat diperlukan bagi setiap peserta didik terutama dalam kehidupan bersosial hal tersebut sangat diperlukan bagi siswa terutama siswa sekolah dasar oleh karena itu cara guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara sangatlah diperlukan seperti menggunakan gaya mengajar untuk siswa oleh karna itu peneliti melakukan penelitian tentang apa apa saja upaya guru dalam melakukan penelitian tentang peningkatan keterampilan berbicara siswa  dan penelitian ini berisi tentang bentuk bentuk upaya guru dalam meningkatan ketempilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran disekolah dasar dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian ini juga menggunakan penelitian studi kasus dan penelitin ini di bantu oleh instrumen pendukung yaitu pedoman wawancara serta studi dokumentasi dan dalam pengumpulan data nya menggunakan tiga cara yaitu melalui wawancara serta , observasi,dan dokumentasi dan informan , sedang kan instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri , pengumpulan data tersebut menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan teknik sinobol sampling data-data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik tringulasi teknik data terasebut dikumpul kan kemudian data tersebut di analisiss menggunakan teknik analalisis data yaitu menggunakan  tekenik miles and huberman kemudian keabsahan data dari penelitian ini diambil dari data yang dianalisis melaui teknik analisis data

Referensi

Ani, andi mas. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR BERWARNA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIIISMP 4 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jisip, 2(1), 95–119.

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). MENGGUNAKAN VISUALISASI POSTER SEDERHANA DASAR. Universitas Meria Kudus, 1(juli), 7.

Irnawati, I., Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.144

Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148/1563

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show and Tell Siswa Sd Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 296. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12289

Pebriana, U., Woro, D., Ekowati, W., & Fantiro, F. A. (2017). MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangn Sd, 5(September), 766–772.

Safrizal, S., Sastri, W., Anastasha, D. A., & Syarif, M. I. (2022). Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4805–4812. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2679

Sirjiyati. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SD MELALUI METODE DISKUSI DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL. 2(2), 13.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-09-06